Muslimah, Keutamaan Haid dalam Islam yang Wajib Anda Ketahui

baca alquran
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Allah SWT menciptakan wanita dengan penuh keistimewaan dibanding pria. salah satunya yaitu dengan adanya masa haid. Allah SWT juga telah mempermudah wanita untuk mendapatkan amal baik selama masa haidnya. Mereka bisa mendapaktan imbalan yang sama dengan pria meski dalam masa haid.

Pahala yang mereka dapatkan sama dengan pria yang melakukan shalat di Masjid dan pada saat bersamaan dia dibebaskan dari dosa dan tidak harus menebusnya seperti hukum membaca Alquran bagi wanita haid.

Tidak hanya itu, amal baik tidak berhenti saat seorang wanita sedang haid saja karena para malaikat terus menuliskan perbuatan baik asalkan wanita melakukan tindakan baik untuk menyenangkan hati Allah. Berikut adalah keutamaan haid dalam islam:

1. Mendapat pahala

Bila Anda bisa berbaik sangka maka Allah SWT akan tetap memberikan limpahan pahala atas menahan nyeri yang sedang Anda rasakan. Sebagaimana haid adalah sebuah keistimewaan yang dimiliki oleh perempuan.

2. Limpahan Kebesaran Allah

Keistimewaan wanita dibanding dengan pria juga dilengkapi dengan hadist berikut: “Dan Allah mengeluarkan kalian dari rahim ibu kalian, dan kalian belum tahu dan belum bisa apa-apa. Kemudian Allah memberi pendengaran, penglihatan dan perasaan, agar kalian bersyukur”. (QS. An-Nahl [16]: 78).

3. Menjaga Kehormatan

Pada dasarnya kehormatan wanita sangatlah berharga, namun terkadang tidak sepenuhnya bisa di kontrol oleh manusia. Inilah mengapa Allah memberikan sebuah penghalang seperti adanya haid. Dengan haid maka wanita akan lebih malas dan biasanya akan membuat mereka menunda sesuatu yang tidak berfaedah, seperti keluar rumah, menggosip seharian dan lain sebagainya.

4. Dengarkan bacaan Al-Qur’an

Mendengarkan pembacaan Al-Qur’an adalah penyejuk jiwa, hati yang lebih tenang, dan makanan bagi roh. Salah satu obat psikologis paling penting adalah sumber kesenangan, bahkan pada beberapa hewan dan kesenangan dalam moderasi memurnikan energi dalam, meningkatkan fungsi fakultas, memperlambat pembusukan pikun dengan mengusir penyakitnya, memperbaiki kerutan, dan menyegarkan seluruh tubuh. Kesenangan yang berlebihan, di sisi lain, membuat penyakit tubuh bertambah parah. Allah SWT mengatakan:

“.. jadi berilah kabar baik kepada hamba-Ku, mereka yang mendengarkan firman dan kemudian ikuti yang terbaik darinya … (QS: 39.17-1)”

5. Baca tafsir dan makna Al-Qur’an

Merenungkan ayat-ayat Allah adalah bentuk ibadah, itu adalah sesuatu yang akan menarik seseorang yang dekat dengan Allah. Allah SWT, berkata dalam Al-Qur’an :

Baca Juga:  5 Doa Malam Pertama yang Perlu Pasutri Amalkan

“Kalau begitu, apakah mereka tidak merenungkan Alquran? Jika itu berasal dari Allah, mereka pasti akan menemukan kontradiksi di dalamnya.” (QS: 4:82)

6. Dzikir Allah

Seorang wanita yang sedang menstruasi bisa melakukan dzikir berlebihan siang dan malam. Kita semua akan menyesal setiap detik yang terbuang tanpa mengingat Allah SWT. Mu’ad Ibn Jabal mengatakan bahwa Nabi SAW berkata:

“Orang-orang surga tidak akan menyesali apapun kecuali satu hal saja: saat yang berlalu dengan mereka yang tidak membuat mereka mengingat Allah.” (Dikisahkan oleh Bayhaqi di Shu`ab al-iman (1: 392)).

Jadi, kita harus menetapkan target harian kita untuk melakukan sebanyak mungkin Dzikir. Kita bisa mengingat dan memuliakan Allah apa pun yang kita lakukan sepanjang hari. Di tempat kerja, sementara memasak, belanja & bahkan sambil bersantai seperti pengaruh dzikir terhadap jiwa.

Kita harus mengingat Allah di dalam hati kita dan tidak hanya dengan lidah kita. Kita juga harus merenungkan kemegahan dan ciptaan-Nya dan membayangkannya di depan kita saat kita memuliakan & mengingat-Nya.

7. Pengampunan dan Pertobatan

Seorang wanita dalam haidnya bisa membuat Tuhan berlebihan pada siang dan malam. Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an: “Ketika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, (katakanlah kepada mereka), sesungguhnya aku dekat dengan mereka. Aku mendengarkan doa setiap permintaan saat dia memanggilku.” (2: 186).

Tempat Dua begitu tinggi di depan Allah, bahwa Nabi telah berkata:

“Tidak ada yang lebih terhormat bagi Allah Yang Maha Tinggi daripada Dua.” (Sahih al-Jami` no.5268).

8. Mendalami Islam

Seorang wanita dalam menstruasi dapat mempelajari pengetahuan Islam sebanyak yang dia bisa melalui buku, online, guru, dan lainnya.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu, dan orang-orang yang telah diberi pengetahuan untuk berpangkat tinggi.”

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia untuk bekerja keras dan berjuang … Bukankah Kami telah membuat baginya sepasang mata dan lidah dan sepasang bibir dan menunjukkan kepadanya dua cara (ketaatan dan ketidaktaatan)?”.(QS. Al-Balad 90: 4-10).

9. Melayani orang tua

Seorang pria pernah bertanya kepada Nabi Muhammad :

“Haruskah saya bergabung dengan jihad?’ Dia bertanya, ‘Apakah kamu punya orang tua?’ Pria itu berkata, ‘Ya!’ Nabi (Salallahu Alayhi Wasallim) berkata, ‘Kemudian perjuangkan dengan melayani mereka!’” (Sahih Al-Bukhari, No. 5972).

10. Memberi dakwah

“Dan siapa yang lebih baik dalam berbicara daripada dia yang mengundang kepada Allah dan melakukan perbuatan benar, dan berkata: ‘Saya adalah salah satu umat Islam.’” (QS. Fussilat (41): 33).

Seorang wanita yang sedang menstruasi bisa memberi dakwah kepada saudara perempuan dan non muslim lainnya. Kita harus menghabiskan hidup kita untuk mengundang orang lain kepada Allah apakah mereka beragama Islam atau non muslim seperti keutamaan dakwah dalam islam

Baca Juga:  Dalam Islam, Ini 3 Jenis Nafkah Suami Terhadap Istri

“Biarkan dari sana ada sekelompok orang yang mengundang semua yang baik, memerintahkan apa yang benar dan melarang apa yang salah. Mereka makmur.” (3.104).

11. Memperbaiki Karakter

Seorang wanita pada menstruasi harus menunjukkan perilaku terbaik, karakter dan perilaku di bulan yang diberkati ini dan sepanjang hidupnya. Dia harus berusaha untuk menjadi orang-orang dengan karakter dan tata krama terbaik karena itulah yang akan mengangkat kita di akhirat. Rasulallah SAW biasa mengatakan:

“Yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang memiliki karakter dan karakter terbaik.” (Terkait dengan Al-Bukhari).

Jadi mari kita berusaha untuk menyempurnakan perilaku, karakter dan perilaku kita dan tahu bahwa amal baik ini akan menjadi yang terberat dalam timbangan dan akan memungkinkan kita mencapai barisan tertinggi Jannah.

12. Beramal

Seorang wanita dalam haidnya harus menghabiskan di jalan Allah sebanyak yang dia bisa untuk amal memadamkan dosa kecuali satu dari api. Nabi berkata: “Amal menyiksa dosa saat air memadamkan api.” (Tirmidzi).

13. Sajikan dan patuhi suaminya

Adalah wajib bagi semua wanita Muslim untuk mematuhi suami mereka dalam segala hal yang baik. Dia dijanjikan surga karena memenuhi kewajibannya kepada suaminya. Abu Hurairah melaporkan bahwa Rasulullah berkata: “Jika seorang wanita mendoakan lima doanya dan menjaga bagian pribadinya tetap suci dan mematuhi suaminya, dia akan masuk surga dari salah satu pintu surga yang dia inginkan.” (Ibnu Hibbaan).

Jadi, sedang menstruasi atau tidak, wanita harus melakukan yang terbaik untuk melayani dan mematuhi suaminya dengan cara terbaik untuk kesenangan Allah, dengan berbuat demikian dia tidak hanya akan menyenangkan hati Allah tapi dia akan mendapatkan banyak penghargaan yang tak terbayangkan.(dalamislam.com/Nanik)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.