oleh

Kenali 4 Tanda Kulit Anda Alergi pada Produk Kecantikan

PortalMadura.Com – Beragam produk kecantikan yang beredar di pasaran belakangan ini semakin hari kian beragam. Setiap produk yang ditawarkan itupun memiliki keunggulan masing-masing bagi penggunanya. Entah itu berfungsi untuk mencerahkan, memutihkan atau mungkin membuat halus kulit.

Tidak heran jika para pencinta kecantikan atau beauty enthusiast kemudian tertarik untuk mencoba membeli produk makeup atau skincare terbaru yang mereka iklankan. Namun sebelum Anda mencobanya, lebih baik perhatikan jenis kulit Anda dulu.

Sebab, tidak semua produk kecantikan cocok dengan kulit Anda. Apabila Anda salah pakai, kulit akan alergi dan malah membuatnya menjadi lebih buruk. Sudah tahukah Anda bagaimana tanda kulit alergi pada produk kecantikan?.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari New Beauty, berikut adalah beberapa ciri kulit alergi terhadap produk kecantikan:

Kulit Gatal-gatal

Tanda pertama yang bisa Anda kenali yaitu timbulnya rasa gatal pada area kulit. Kulit yang gatal menjadi reaksi tubuh terhadap kandungan tertentu yang ditemukan pada produk kecantikan. “Jika kulit memerah dan gatal, itu bisa saja terkena alergi terhadap kandungan produk yang digunakan,” ujar ahli kulit Debra Jaliman, MD.

Kulit Terasa Kencang

Ciri alergi kulit terhadap suatu produk kecantikan selanjutnya adalah kulit terasa kencang. Misalnya, pembersih wajah yang Anda gunakan justru menyebabkan kehilangan minyak alami pada kulit sehingga dehidrasi, kering, dan iritasi. Oleh karena itu, pastikan menggunakan produk kecantikan yang memiliki keseimbangan pH.

Muncul Ruam

Salah satu reaksi alergi kulit terhadap produk kecantikan tertentu adalah muncul ruam. Dituturkan oleh dermatologi Tsippora Shainhouse, MD, ruam pada tubuh bisa muncul akibat bahan pengawet dan wewangian yang ditemukan pada produk kecantikan.

Baca Juga : Alergi Kosmetik? Gunakan 4 Bahan Alami Ini untuk Atasinya

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan tes alergi untuk mengetahui kandungan apa saja yang patut diwaspadai oleh kulit. Hal ini tidak lain agar tetap menjaga kulit Anda dari berbagai kandungan berbahaya.

Kulit Terasa Seperti Terbakar

Kandungan tertentu dalam produk kecantikan bisa saja terlalu ‘berbahaya’ untuk pemilik tipe kulit sensitif. Hal tersebut menyebabkan wajah terasa perih atau terbakar. Bila kejadian ini terjadi, segera bilas wajah Anda.

Itulah beberapa tanda kulit Anda alergi pada produk kecantikan. Lebih baik cermati terlebih dahulu produk yang akan Anda beli untuk menjaga hal-hal yang mungkin berbahaya pada kulit.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar