oleh

Resep Es Gabus Pelangi yang Lembut dan Padat

PortalMadura.Com – Ada banyak cara untuk menghadirkan kembali kenangan masa kecil. Mulai dari berbincang bersama teman lama, mendatangi tempat-tempat bermain dulu, sampai kembali mencicip kuliner seperti es gabus pelangi yang menghadirkan nostalgia. Jajanan wajib pada 90-an ini sekarang sudah sangat sulit didapatkan.

Caranya sangat mudah dan bahannya sederhana. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dilansir dari laman Cookpad.Com, Selasa (29/9/2020) berikut resep es gabus pelangi:

iklan hari santri

Resep Es Gabus Pelangi

Bahan-bahan:

  • 75 gram Tepung Hunkwe
  • 100 ml Santan kara
  • 275 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • Sejumput garam
  • Pewarna makanan (sesuai selera)

Cara membuat:

Pertama, tuang susu cair dalam wadah, tambahkan garam dan gula pasir, aduk sampai gula pasir mulai menyatu. Kemudian ambil wadah terpisah, tuang tepung hunkwe, tuang sedikit adonan susu dan gula tadi lalu aduk sampai tepung tidak menggumpal. Kemudian campur adonan tepung ke adonan susu, baru tuang santannya. Aduk rata. Setelah itu, bagi menjadi 3 wadah sama rata banyaknya.

Beri pewarna makanan, aduk rata. Lalu masak bagian pertama (gunakan api paling kecil, aduk-aduk terus sampai mengental baru matikan api. Tuang ke wadah cetakan yang sudah dilapisi plastik. Lalu masak bagian kedua, tunggu lapisan pertama agak mengeras baru tuang lapisan kedua. Seterusnya sampai lapisan ketiga. setelah agak dingin simpan dalam kulkas sampai mengeras. Setelah mengeras, keluarkan dari cetakan, potong-potong, lalu bungkus dengan plastik, masukkan freezer, maksimal 24 jam baru bisa di makan. Selamat mencoba.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : cookpad.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.