oleh

Resep Hambagu Steak, Olahan Daging Sapi yang Asli Lezat

PortalMadura.Com – Punya stok daging hasil kurban tapi bingung mau dibuat apa?. Jika sebelunya Anda sudah terbiasa membuat daging itu menjadi bakso, rendang dan yang lainnya. Nah, jika Anda sudah bosan dengan menu itu Anda bisa mencoba menu lain yang dijamin tidak akan pernah bosan, salah satunya yaitu hambagu steak.

Tahukah Anda, hambagu adalah istilah yang digunakan orang Jepang untuk menyebut hamburger. Kata ini mengacu pada hamburger steak, termasuk makanan barat yang diadopsi dan dimodifikasi menjadi kuliner populer di Jepang.

Bagaimana, penasaran dengan rasanya?. Yuk langsung saja ikutin resep berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (21/7/2021) dari laman Merdeka.com:

Hambagu Patties

350 gram daging sapi giling
20 gram tepung panko/panir
2 sendok makan susu cair
1 butir telur ayam
1 sendok makan minyak sayur
1/2 buah bawang bombay, iris dadu
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh pala bubuk
Merica bubuk secukupnya

Bahan untuk Menggoreng Patty

1 sendok makan minyak sayur
3 sendok makan air kaldu

Saus Hambagu

1 sendok makan unsalted butter (mentega tawar)
3 sendok makan saus tomat
3 sendok makan kecap Inggris
3 sendok makan air kaldu
3 sendok makan air

Cara Membuat Hambagu Steak

Panaskan minyak sayur, lalu tumis bawang bombay yang sudah diiris-iris hingga harum. Angkat dari kompor dan sisihkan terlebih dahulu. Campur bawang bombay dengan daging giling, susu, garam, merica, telur, tepung panko/panir, dan pala. Aduk sampai menjadi adonan lengket.

Kemudian, buat 4-6 buah patty dengan tangan. Tekan-tekan dan padatkan agar tidak pecah saat digoreng. Setelah itu bungkus dengan plastik dan simpan di dalam lemari es selama 1 jam.

Selanjutnya, panaskan minyak sayur, lalu goreng patty sampai salah satu sisinya berwarna kecokelatan. Jika sudah berwarna kecokelatan, balik dan masak sisi lainnya sampai berwarna kecokelatan juga. Tekan-tekan bagian tengahnya agar matang. Masak patty satu per satu saja agar tidak pecah.

Setelah itu, masukkan air kaldu, lalu kecilkan api. Tutup dan masak selama 3-5 menit, sesuaikan dengan ketebalan patty. Gunakan sisa cairan di penggorengan patty untuk membuat saus. Lelehkan mentega tawar, lalu masukkan saus tomat, kecap Inggris, dan kaldu. Masak dengan api kecil sampai saus meletup-letup.

Terakhir, sajikan hambagu steak di piring, kemudian tuangi saus secukupnya. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan mashed potato (kentang tumbuk) dan sayuran yang sudah ditumis setengah matang. Misalnya buncis, brokoli, dan wortel.

Selesai, Anda sudah bisa menikmati hambagu steak yang nikmat dan lezat ini bersama keluarga di rumah. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.Com

Komentar