oleh

Resep Ikan Nila Bakar Bumbu yang Lezat

PortalMadura.Com – Ikan merupakan salah satu bahan masakan yang tidak hanya enak tetapi juga memiliki nutrisi tinggi. Salah satu jenis ikan yang mudah dijumpai adalah ikan nila. Untuk mendapatkan ikan yang satu ini juga tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Istimewanya, ikan bergizi ini juga sangat nikmat diolah dalam berbagai cara.

Bicara tentang ikan, berikut ini ada salah satu hidangan yang berbahan dasar ikan. Yups, ikan nila bakar dengan bumbu manis gurih seperti khas Jawa Tengah cukup nikmat. Berikut ini bahan dan cara membuatnya, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Bahan-bahan:
2 kg ikan nila

Bumbu:
4 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdm ketumbar
½ sdt lada
Garam secukupnya
8 sdm kecap manis
½ bagian gula merah
2 cm asam jawa
Gula pasir secukupnya
½ bungkus penyedap rasa ayam
3 lembar daun salam
1 buah jeruk nipis
Minyak goreng
400 ml air

Cara Membuat:
Bersihkan ikan nila dari sisik dan isi perutnya, iris dibagian perut supaya bumbu dapat meresap ke dalam daging. Cuci lagi dengan air perasan jeruk nipis. Goreng ikan nila hingga matang, jangan terlalu kering, dan jangan terlalu mentah. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, garam, lada, dan ketumbar. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak.

Tumis hingga mengeluarkan aroma sedap. Masukkan daun salam, gula merah, asam jawa penyedap rasa, dan kecap manis.
Aduk-aduk dan masak hingga mendidih. Tes rasa, jika kurang asin atau manis dapat menambahkan garam atau gula. Siapkan pemanggang ikan, lalu celupkan ikan pada bumbu.

Panggang hingga berwarna kecokelatan, jangan lupa untuk sering mengoleskan bumbu pada ikan saat di bakar agar rasanya semakin nikmat. Sajikan ikan nila bakar dengan nasi hangat dan sambal terasi. Selamat mencoba dan semoga suka!

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar