oleh

Resep Kari Ayam Kampung Pedas yang Nikmat

PortalMadura.Com – Sebagai menu masakan keluarga, alangkah lebih baik jika Anda menyediakan menu makanan yang lezat namun tidak perlu ribet dalam proses pembuatan. Menu masakan keluarga bisa merupakan menu favorit, menu andalan, ataupun menu masakan yang sedang diinginkan oleh salah satu anggota keluarga.

Salah satu contohnya adalah kari ayam. Pasti sudah hafal banget dong dengan rasa khas kari ayam yang berwarna kuning kemerahan ini. Bumbu yang diberikan oleh rempah-rempah begitu erat di lidah para penikmatnya. Hidangan kari ayam biasanya dibuat dengan kuah kuning dengan rasa yang gurih dan tidak pedas.

Sepertinya lebih menarik jika kari ayam dimasak dengan rasa kuah pedas. Yuk, cobain resep yang dilansir dari laman fimela.com. Berikut bahan dan cara untuk membuatnya.

Bahan:
1 ekos ayam kampung (potong menjadi 12 bagian)

Bumbu:
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
3 cabai merah
5 cabai rawit
2 cm kunyit
2 cm jahe
½ sdt lada halus
½ sdt ketumbar halus
2 biji kemiri
1 bungkus penyedap rasa ayam
Garam dan gula secukupnya
400 ml santan kelapa
400 ml air
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serei

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam kampung yang sudah dipotong menjadi 12 bagian dengan air mengalir. Rebus atau presto hingga daging empuk. Sembari menunggu ayam direbus, haluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, kuntit, jahe dan kemiri hingga halus.

Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, tumis hingga harum. Masukkan 400 ml air, daun salam, daun jeruk, serai, garam, gula dan penyedap rasa. Aduk-aduk dan biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukkan ayam dan kaldunya ke dalam kuah. Aduk hingga tercampur rata.

Masukkan santan kelapa, aduk kembali dan biarkan hingga mendidih. Ayam kari kuah pedas siap di hidangkan. Jangan lupa berikan taburan bawang goreng agar lebih nikmat. Selamat mencoba dan semoga suka!

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar