oleh

Resep Kepiting Saus Telur Asin Lezat Bikin Nagih

PortalMadura.Com – Kepiting bisa dibilang merupakan primadona olahan seafood. Hidangan seafood banyak digemari di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi favorit adalah olahan kepiting. Salah satu kunci untuk membuat hidangan lezat dari kepiting adalah pemilihan saus yang tepat. Olahan yang satu ini juga sangat lezat. Kepiting saus telur asin menggunakan kuning telur asin sebagai bahan utama sausnya.

Dilansir dari laman Liputan.Com, Selasa (9/6/2020) berikut resep kepiting saus telur asin yang bisa Anda olah sendiri dirumah.

Bahan-bahan:
4 Ekor kepiting ukuran sedang
5 Kuning telur asin
1 Sendok makan margarin leleh
1 Buah bawang bombay
1 Batang daun bawang perai
2 Sendok makan saus tiram
1 Sendok makan saus inggris

Bumbu Halus:
6 Butir bawang merah
4 Siung bawang putih
2 Butir kemiri
1/2 Sendok teh ketumbar
5 Buah cabai rawit
2 Buah cabai merah besar
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
Pertama, rebus kepiting yang masih hidup ke dalam air mendidih. Jika kepiting sudah matang, masukkan ke dalam air dingin dan bersihkan insang serta kotoran yang ada di dalamnya. Langkah kedua, cuci bersih kepiting, kemudian potong menjadi dua bagian atau remukkan agar nantinya bumbu asam manis bisa meresap. Langkah ketiga, potong dadu bawang bombay dan iris menyerong daun bawang perai, dan haluskan kuning telur asin dan campur dengan margarin yang sudah dilelehkan dan sedikit air. Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan bawang bombay, cabai rawit, dan daun bawang. Masukkan telur asin ke tumisan. Terakhir, masukkan kepiting, saus tiram, dan saus inggris ke dalam saus telur asin. Bumbui dengan garam dan gula, kemudian aduk sebentar sampai kepiting matang. Kepiting saus telur asin siap disajikan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar