Resep Kerupuk Wortel Renyah dan Sehat

Avatar of PortalMadura.com
resep kerupuk wortel gurih
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Wortel merupakan jenis sayuran yang bergizi tinggi dan tergolong sebagai umbi-umbian. Selain bisa dimakan langsung, dijadikan minuman berupa jus, atau dibuat sebagai sayuran, ternyata wortel juga bisa dijadikan sebagai camilan kerupuk.

Kerupuk terbuat dari wortel? Ya, Anda tidak perlu kaget. Saat ini kerupuk wortel sudah bisa Anda dapatkan di pasar, warung, maupun supermarket.

Kenapa wortel?. Tentu selain enak, kerupuk yang satu ini sehat dan bergizi. Kerupuk ini terbuat dari bahan utama wortel. Anda perlu mencoba membuatnya sendiri di rumah sebagai sajian bagi anak yang kurang suka terhadap sayuran.
Berikut resep dan cara membuat kerupuk wortel:

Bahan yang harus disiapkan:

Wortel 1 Kg
Tepung terigu
Gula 50 gram
Garam 1 ons
Bawang putih ½ ons
Bawang merah ½ ons
Penyedap rasa 20 gram
Ketumbar secukupnya

Baca Juga:  Resep Enoki Beef Roll Ala Restoran Jepang, Sungguh Menggoda!

Cara membuatnya:

Pertama yang harus dilakukan untuk membuat kerupuk wortel adalah dengan mengupas wortel yang telah disediakan. Selanjutnya, jika wortel telah dipastikan bersih, maka Anda bisa merebus wortel tersebut hingga lunak.

Kemudian, jadikan wortel seperti bubur. Anda bisa melakukannya dengan cara menumbuk wortel atau bisa pula dengan menggunakan blender. Lalu, campur tepung tapioka yang telah disiapkan sebelumnya, dengan bumbu- bumbu lain serta wortel yang telah dijadikan bubur hingga membentuk adonan. Agar bumbu dan bubur wortel bisa tercampur merata, maka Anda bisa mencampur bumbu dan bubur wortel dengan menguleninya.

Setelah itu, cetak adonan ke dalam plastik bulat. Lalu, kukus kurang lebih selama 1 jam. Jika proses mengukus telah selesai, maka agar adonan bisa dipotong dengan mudah, sebaiknya Anda mengangin-anginkannya kurang lebih 24 jam atau membiarkannya sehari semalam.

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Untuk proses pemotongannya, bisa Anda lakukan dengan ketebalan 1-2 mili lalu jemur pada terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, kemas lalu goreng dan kerupuk wortel siap disajikan. (resepcaramasak.com/nia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.