Semburan Mirip Gas Terus Mengalir, Warga Gadding Sumenep Inginkan Penanganan Cepat

Avatar of PortalMadura.Com
Semburan Mirip Gas Terus Mengalir, Warga Gadding Sumenep Inginkan Penanganan Cepat
Semburan mirip gas

PortalMadura.Com, – Dua titik semburan gas di Dusun Jenggerra Timur, Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus mengalir.

“Warga di sini sangat khawatir dengan semburan gas ini, karena tidak henti-hentinya menyembur,” kata Sunawi, pemilik lahan, Jumat (2/12/2016).

Terpisah, Kepala Desa Gadding, Busairi meminta agar pemerintah daerah segera mengambil langkah yang bisa meredam kekhawatiran masyarakat. Masyarakat sekitar sangat takut dengan kejadian tersebut.

“Bagaimana cara agar lubang bor itu berhenti mengeluarkan semburan. Sebab, semburan terus mengalir dan warga khawatir struktur tanah ambruk ke bawah,” ungkap Busairi.

Ia menegaskan, warga sekitar terutama pemilik rumah yang sangat dekat dengan lokasi pengeboran itu banyak yang tidak tidur, mereka berjaga-jaga karena khawatir terjadi semburan yang lebih besar lagi.

“Saya bersama aparat desa juga menghimbau kepada warga yang datang melihatnya agar tidak menyalakan api didekat semburan tersebut karena takut terbakar,” ucapnya.

Dua titik semburan tersebut terus aktif mengeluarkan asap dan lumpur berwarna kuning, bahkan lubang tersebut semakin melebar.

“ESDM sudah mengambil sample lumpur, tapi kami bersama warga berharap agar pemerintah juga harus ada pertolongan pertama agar lubangnya tidak semakin longgar dan lumpurnya tidak terus keluar,” harapnya.

Sebelumnya, Sunawi, warga setempat menemukan semburan gas berbau karbit setelah menggali sumur dengan cara mengebor hingga kedalaman 35 meter untuk lubang yang pertama dan kedalaman 32 meter untuk kedalaman lubang yang kedua.

Pengeboran dua titik itu dimaksudkan untuk mencari sumber air guna dimanfaatkan untuk kebutuhan warga sehari-hari, baik untuk diminum maupun untuk irigasi pertanian mereka. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.