oleh

Resep Ketan Saus Durian yang Manis dan Legit

PortalMadura.Com – Buah durian merupakan salah satu buah favorit hampir semua orang. Rasanya yang manis dan legit menjadi daya magis tersendiri dari buah yang mendapat julukan raja buah ini.

Nah bicara tentang durian, ada satu camilan unik dan enak yang menggunakan bahan buah ini. Dimasak hingga menjadi saus yang tentunya dengan tambahan bahan lainnya. Penasaran?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini resep ketan saus durian.

Bahan :

500 g beras ketan putih
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
500 ml santan sedang
250 g daging buah durian masak

Saus:

500 ml santan segar
100 g gula aren
1 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan, potong-potong
1/2 sdt garam
1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit

Cara membuat :

Cuci bersih beras ketan dan rendam dalam air dingin. Kemudian kukus ketan dalam kukusan panas hingga setengah matang. Angkat, pindahkan ke baskom.

Masak santan, daun pandan dan garam hingga mendidih lalu angkat. Setelah itu, tuangkan ke dalam baskom berisi ketan, aduk-aduk hingga santan terhisap habis oleh ketan. Lalu kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang.

Saus: Masak santan bersama setengah bagian durian, gula pasir, gula aren dan pandan hingga mendidih dan gula larut. Kemudian masukkan larutan tepung beras, aduk hingga mendidihkan kental. Angkat lalu saring. Taruh ketan di piring saji, beri sausnya dan topping buah durian.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar