Waspada Ancaman Bencana Alam di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Waspada Ancaman Bencana Alam di Sumenep
dok. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riadi

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, me-warning masyarakat agar berhati-hati terhadap ancaman bencana alam pada bulan Februari 2021.

“Februari ini musim penghujan cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan longsor dan angin puting beliung,” terang Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, Jumat (19/2/2021).

Ada beberapa wilayah yang perlu diwaspadai dengan ancaman puting beliung, longsor dan genangan air saat intensitas hujan tinggi. “Kami sudah petakan daerah itu,” katanya.

Ancaman longsor, kata dia, salah satunya di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan dan Prenduan di Pragaan Daya serta Desa Moncek, Kecamatan Lenteng.

“Ancaman longsor itu karena banyak pohon yang ditebang yang menyebabkan tidak ada pengikat pada struktur tanah,” terangnya.

Ancaman genangan air saat hujan deras, di antaranya Patean, Babbalan, Cangkreng, Torbang dan Marengan. Sedangkan ancaman puting di antaranya, Karanganyar, Pinggir Papas, Nambakor, Saronggi dan Desa Juluk serta daerah tambak pinggir laut.

Baca Juga:  Diduga Pelaku KDRT, Polisi Sumenep Ringkus Oknum Karyawan Perhutani

“Adanya tekanan suhu udara yang berbeda antara panas dan dingin itu sehingga terjadi puting beliung,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.