Resep Kimchi Sawi Putih Buatan Sendiri, Dijamin Maknyus

  • Bagikan
Resep-Kimchi-Sawi-Putih-Buatan-Sendiri,-Dijamin-Maknyus
Ilustrasi (diadona.id)

PortalMadura.Com – Sudah tahu bagaimana rasanya kimchi yang berasal dari Korea itu?. Atau Anda penasaran dengan rasa kimchi?. Bagaimana kalau Anda bikin sendiri di rumah, karena dengan buatan tangan sendiri, Anda akan merasa lebih puas menikmatinya.

Tidak hanya itu, dengan kimchi buatan sendiri, Anda bisa memiliki cadangan lauk harian yang cukup di rumah. Bahkan, kimchi ini juga sangat cocok jika dipadukan dengan nasi putih bersama aneka lauk. Tertarik untuk membuatnya?.

Yuk, langsung saja ikuti resep berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/10/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan

2 bonggol sawi putih
8 sdm saus gochujang
5 sdm bubuk cabai
2 buah wortel, potong korek api
1 buah lobak, potong korek api
3 batang daun bawang besar, potong 4 cm
Garam secukupnya untuk melumuri sawi
130 gram tepung ketan putih
115 gram gula pasir
300 ml air matang
7 siung bawang putih
1 buah bawang bombay, iris
1 ruas jahe
4 sdm kecap ikan

Cara Membuat

Pertama, lumuri sawi dengan garam. Rendam dalam air selama 6 jam sambil sesekali dibalik. Potong-potong sesuai selera Anda. Haluskan jahe, bawang putih, dan bawang bombay. Lalu, larutkan tepung ketan dengan air. Masak dengan api kecil hingga mengental. Sisihkan.

Selanjutnya, campur pasta ketan, bumbu halus, gula pasir, bawang bombay, gochujang, dan kecap ikan. Aduk sampai rata. Masukkan wortel, lobak, dan daun bawang. Kemudian, masukkan sawi. Aduk lagi sampai rata. Tambahkan bubuk cabai.

Terakhir, masukkan kimchi ke dalam stoples bening tapi jangan sampai penuh. Tutup rapat. Simpan di suhu ruang selama 48 jam. Kimchi yang sudah terfermentasi bisa disimpan di dalam kulkas untuk konsumsi jangka panjang.

Selesai, Anda sudah bisa menikmatinya jika sudah sampai waktunya. Dijamin Anda akan ketagihan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.