oleh

Resep Kolak Ubi dan Labu Kuning Buatan Ibu

PortalMadura.Com – Saat Anda beranjak dewasa, dan merantau dari tempat kelahiran. Anda akan merindukan suasana rumah dan masakan seorang ibu. Masakan seorang ibu akan selalu nikmat walau hanya masakan sederhana. Apalagi di bulan puasa ini akan banyak masakan ibu yang dinantikan, kali ini ada resep masakan menu buka puasa yang biasanya sering dibuatkan ibu saat bulan puasa. Masakan ini pasti Anda rindukan untuk mengenang masa kecil.

Jika Anda ingin mengenang masakan masa kecil buatan ibu, seperti kolak ubi campur labu kuning. Berikut tips membuat kolak ini dilansir dari Cookpad.com Kamis, (7/5/2020)

Bahan:

600-700 gram kilogram ubi
1/4 buah labu kuning tua besar (sesuaikan kebutuhan Anda)
1 mangkuk santan kental segar, tambahkan air hingga menjadi 200 ml
350-400 gram gula aren
1 ruas kayu manis, 3 buah kapulaga dan 8-10 cengkih
1/4 sendok teh garam halus
2-3 lembar daun pandan

Cara Membuat:

Pertama pastikan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah tersedia. Campurkan santan dengan air.

Kupas ubi dan labu kuning, potong dadu sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan. Panaskan air hingga mendidih, masukkan ubi dan setelah ubi setengah matang masukkan labu kuning, tunggu hingga keduanya matang.

Potong halus gula aren, rebus ke dalam air sebanyak 200 ml. Aduk gula hingga mencair dan masukkan ke dalam panci yang lebih besar. Sangrai rempah rempah hingga harum, lalu masukkan ke dalam gula merah.

Masukkan juga ubi dan labu kuning ke dalam gula yang sudah tercampur dengan rempah. Masukkan daun pandan yang disimpul lanjut rebus selama 8 menit. Masukkan garam dan santan, jangan lupa saring santan dan aduk sampai mendidih. Gunakan api kecil agar santan tidak pecah dan aduk terus.

Selamat mencoba di rumah, untuk mengingat kembali masakan ibu yang penuh cinta dan kasih sayang. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Cookpad.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar