oleh

Resep Kue Lapis Kukus yang Lembut untuk Dinikmati Saat Musim Hujan

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, mayoritas orang ingin selalu ada makanan di dekatnya untuk bisa menemani rasa bosan menunggu hujan yang tidak kunjung reda. Nah, salah satu jajanan tradisional yang bisa menjadi pilihan, yaitu kue lapis kukus.

Selain rasanya yang lembut, kue yang satu ini juga memiliki rasa manis. Dijamin Anda dan keluarga ketagihan. Lalu bagaimana cara membuat kue lapis kukus?.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

100 gr tepung terigu
1 sdm baking powder
2 butir telur
2 sachet santan kara cairkan
Mentega secukupnya
1 sachet vanili
Gula secukupnya
Pewarna hijau dan kuning

Cara membuat:

Langkah pertama, masukan telur, gula, dan mentega ke dalam wadah. Lalu, mixer sampai berubah warna menjadi putih. Kemudian, masukan tepung terigu, baking powder dan vanili, mixer lagi sampai rata.

Selanjutnya, masukan santan yang sudah dicairkan, lalu mixer. Setelah adonan tercampur rata, bagi adonan menjadi 2. Setelah itu, masukan 1/2 tetes pewarna ke dalam adonan masing-masing. Lalu, siapkan panci yang sudah berisi air, diamkan sampai keluar uap.

Langkah terakhir, siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan kertas roti. Lalu, masukan adonan pertama, kukus 5 menit. Jangan lupa tutup pancinya dan dipakaikan serbet supaya uapnya tidak menetes ke dalam adonan. Kemudian, adonan ke-2 kukus lagi 5 menit dan adonan seterusnya sampai adonan terakhir, kukus selama 15 menit. Setelah 15 menit, kue lapis kukus siap disajikan. Selamat mencoba! (cookpad.com/Salimah)