5 Dampak Positif Si Kecil Main Berantakan yang Perlu Bunda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
5 Dampak Positif Si Kecil Main Berantakan yang Perlu Bunda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir semua orang tua tidak suka melihat si kecil bermain berantakan. Karena hal ini bisa menimbulkan rasa marah dan jengkel, apalagi berantakan di lantai rumah. Tentu aktivitas ini sangat dihindari orang tua.

Padahal ternyata, bermain berantakan berdampak positif bagi Anak. Sehingga orang tua perlu mengetahui beberapa dampak positifnya. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Kepekaan Indera
Kelima indera anak akan distimulasi jadi lebih peka saat dan kotor-kotoran. Meningkatkan kemampuan anak untuk menyentuh, merasa, mencium bau, hingga mengobservasi hal-hal di sekeliling mereka.

Rasa Ingin Tahu
Saat mereka bermain dalam kondisi yang berantakan atau kotor, ternyata dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak. Hal ini pun bisa membantu mereka untuk terpacu menambah wawasan dan ilmu baru yang penting untuk tumbuh kembang mereka.

Kemampuan Motorik
Selain anggota badan anak bisa dirangsang bergerak aktif saat main berantakan, kemampuan motorik anak pun bisa meningkat secara signifikan.

Koordinasi Tangan dan Mata
Selain itu, kemampuan spasial anak pun bisa meningkat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata mereka.

Kreativitas Anak
Selain bermain, sekaligus anak bisa belajar dan meningkatkan daya kreativitasnya. Ketika si kecil bersenang-senang dan mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya, mereka juga dirangsang untuk melakukan dan menciptakan hal-hal baru dengan kreasi mereka sendiri. Namun, anak perlu didampingi dan diarahkan agar bisa bermain secara kreatif. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.