oleh

Resep Kue Lapis Legit Khas Imlek

PortalMadura.Com – Salah satu kue yang wajib ada saat perayaan Imlek yaitu lapis legit. Kue yang dibuat secara berlapis-lapis dan memiliki rasa manis ini, dipercaya bisa mendatangkan kemakmuran. Tidak heran jika kue lapis legit akan sangat laris di pasaran saat perayaan Imlek.

Dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan dalam proses memasaknya. Membuat kue lapis legit bisa memakan waktu hingga 6 jam. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut resepnya:

Bahan-bahan:

20 butir Kuning telur
300 gram Gula halus
350 gram Butter
60 gram Tepung terigu rendah protein
20 gram Susu bubuk
1 sdt Bubuk spekuk
3 sdm Susu kental manis

Cara membuat:

Kocok butter dan gula halus sampai mengembang dengan kecepatan tinggi, kurang lebih 10 menit. Kemudian turunkan kecepatan, kemudian masukkan kuning telur satu persatu. Lalu, kocok sampai rata kemudian masukkan susu kental manis, kocok sampai rata.

Ayak terigu, susu bubuk dan bumbu spekuk, masukkan secara bertahap kedalam kocokan telur, aduk balik dengan spatula sampai rata. Kemudian masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20x20x7 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti, ratakan. Lalu oven dengan api bawah suhu 180°C hingga kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.

Masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20x20x7 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti, ratakan. Lalu oven dengan api bawah suhu 180°C hingga kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.

Tuang 1 sendok sayur lagi adonan, ratakan, oven dengan api atas sampai kecoklatan, tekan-tekan lagi permukaannya. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis. Setelah adonan terakhir, panggang dengan api bawah selama 15 menit sampai matang. Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan baru dipotong-potong. Kue lapis legit siap dihidangkan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Fimela.Com

Komentar