Indonesia dan Qatar Sepakat Transisi Demokrasi di Myanmar Harus Tetap Dijalankan

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia-dan-Qatar-sepakat-transisi-demokrasi-di-Myanmar-harus-tetap-dijalankan
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com sepakat transisi demokrasi di Myanmar tetap harus dijalankan.

Kesepakatan ini disampaikan usai Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Qatar Skeikh Tamim bin Hamad Al-Thani di Doha pada Kamis, (11/2/2021).

Retno Marsudi dan Skeikh Tamim bin Hamad Al-Thani juga sepakat mengenai keselamatan, keamanan dan kesejahteraan rakyat Myanmar harus menjadi prioritas.

Selain membahas mengenai Myanmar, kedua menteri luar negeri juga berbincang terkait dengan Palestina.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan hasil pertemuan Liga Arab beberapa waktu lalu diharapkan akan menciptakan kesempatan baru bagi perjuangan Palestina khususnya ‘solusi dua negara'.

“Tren positif di tahun 2021 ini harus menjadi fondasi yang kuat bagi upaya mendorong proses perdamaian Palestina-Israel,” tegas Retno.

Isu kawasan lainnya yang jadi pembahasan yakni perdamaian di Afghanistan.

Kedua Menlu dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, sepakat pentingnya dukungan internasional untuk menjaga momentum proses perdamaian.

Marsudi dan Skeikh Tamim bin Hamad Al-Thani juga sepakat proses perdamaian diharapkan bergulir lebih cepat.

Qatar menurut Retno Marsudi, mengapresiasi peran Indonesia yang memberikan fokus perhatian pada peran perempuan di Afghanistan. ​

“Peran Perempuan harus terus diutamakan baik dalam proses perdamaian maupun dalam pembangunan Afghanistan pasca konflik” sebut Retno.

Terkait dengan kerja sama bilateral, kedua menteri luar negeri sepakat untuk terus memperkuat kerja sama bilateral, terutama di bidang ekonomi.

Retno Marsudi mengatakan beberapa fokus kerja sama yang saat ini sedang dilakukan adalah di bidang investasi untuk telekomunikasi, pariwisata dan listrik.

“Kita harus terus mengawal kerja sama ekonomi kedua negara agar dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi pasca pandemi”, sebut Menlu RI.

Tren perdagangan Indonesia-Qatar dalam 5 tahun terakhir 2015-2019 terus mengalami kenaikan sekitar 11,53 persen.

“Investasi Qatar di Indonesia dalam 3 tahun terakhir terfokus di bidang pariwisata dan energi. Pada tahun 2020, realisasi investasi Qatar di Indonesia senilai USD6,2 juta, naik lebih dari 30 kali lipat dibanding nilai investasi tahun 2018,” pungkas Retno.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.