oleh

Resep Lele Bakar yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Lele bakar merupakan salah satu menu yang saat ini masih belum begitu familiar dibandingkan dengan menu berbahan ikan lele lainnya. Seperti, abon lele, lele penyet, lalapan lele dan lain sebagainya. Namun, rasa lele bakar tidak kalah gurih dengan menu lele lainnya.

Oleh karena itu, Anda bisa coba memasak menu lele bakar di rumah untuk sajian makan malam keluarga. Bahannya mudah di dapat, paktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Penasaran, bagaimana cara membuatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan:

5 ekor ikan lele
4 siung bawang putih
10 butir bawang merah
1 ruas kunyit
4 butir kemiri
2 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan
1 sdm garam
1/2 sdt lada
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
30 gram gula jawa
1 sdm air asam jawa
400 ml air kelapa muda
1 sdt kecap manis

Cara Memasak:

Bersihkan lele, potong-potong dan sisihkan. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jintan. Lalu tambahkan garam dan setengah sendok teh lada putih dan haluskan.

Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum.
Tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas. Kemudian aduk rata. Setelah itu, masukkan lele dan masak sampai bumbu meresap.

Siapkan panggangan. Kemudian panggang lele sambil diolesi dengan sisa bumbu sampai matang. Setelah matang angkat dan sajikan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Fimela.com

Komentar