oleh

Resep Lontong Sayur Khas Banjar yang Menggiurkan

PortalMadura.Com – Mau buat masakan apa hari ini?. Jika masih bingung, yuk bikin lontong sayur khas Banjar. Pernah mencobanya?. Rasanya itu enak dan cocok untuk menu makan siang Anda.

Tidak perlu repot membeli jauh ke Kota Banjar. Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan resep yang sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit dicari.

Bagaimana cara membuatnya?. Simak resep berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (6/2/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan Lontong

Daun pisang secukupnya
500 gr beras, cuci bersih
Tusuk lidi secukupnya

Bahan Sayur

400 gr nangka muda, potong-potong
1 ikat kacang panjang, potong serong
1 buah labu siam, potong-potong
1 liter air santan kental
500 ml santan cair

Bumbu Halus

10 siung bawang putih
15 siung bawang merah
4 sdm kelapa sangrai
8 butir kemiri
3 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt jinten
1/2 sdt pala bubuk
Air secukupnya

Bumbu Utuh

1 batang serai, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
3 butir cengkeh
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
Garam, gula dan penyedap secukupnya

Cara Membuat

Pertama membuat lontongnya terlebih dahulu dengan membuat bentuk segitiga pada daun pisang. Isi dengan beras secukupnya dan semat dengan tusuk lidi. Rebus air hingga mendidih. Lalu, masukan garam ke dalam air, masukan juga semua lontong dan rebus kurang lebih 30 menit atau hingga matang.

Setelah itu, rebus nangka muda hingga agak layu, tiriskan dan buang airnya. Kemudian, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan semua bumbu utuh. Masak bumbu hingga matang.

Selanjutnya, buang bumbu ke dalam panci. Masukan santan dan masak hingga agak mendidih. Masukan kacang panjang, labu siam dan nangka muda.

Terakhir, masukkan gula, garam dan penyedap. Masak hingga sedap dan kental. Angkat lontong dan dinginkan. Selesai, lontong sayur khas Banjar sudah siap dinikmati. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.Com

Komentar