oleh

Resep Lontong Sayur Labu Siam untuk Sajian Spesial Lebaran

PortalMadura.Com – Saat Lebaran, tidak lengkap rasanya jika belum ada hidangan lontong sayur. Ya, biasanya menu ini menjadi andalan ketika berkumpul dengan keluarga besar. Nuansa yang meriah ditemani dengan makanan ini tentunya ada kebahagiaan tersendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin membuatnya, kali ini Anda bisa bikin lontong sayur labu siam. Sangat cocok untuk jadi sajian istimewa Lebaran Anda. Selain karena rasanya yang enak dan nikmat, membuatnya juga tidak sulit. Berikut resep-nya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (7/5/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

2 buah labu siam, kupas dan potong korek api
1 papan tempe, potong korek api
20 butir telur puyuh, rebus dan kupas
Lontong secukupnya

Bumbu Utuh

2 ruas lengkuas
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
300 ml santan

Bumbu Halus

4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabai merah
4 buah cabai rawit (sesuai selera)
3 ruas kunyit
2 butir kemiri
Garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat

Pertama, remas-remas labu siam dengan 1 sdm garam agar hilang getahnya dan agak layu. Lalu, bilas bersih setelahnya. Goreng tempe hingga matang, angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan semua bumbu utuh selain santan. Tumis bumbu hingga bau langunya hilang atau hingga bumbu matang.

Kemudian, masukkan labu siam dan tuang air secukupnya, hingga labu siam terendam. Masak hingga mendidih. Tuang santan dan masukkan tempe dan telur. Masak hingga santan matang. Umumnya proses pemasakan perlu agak lama agar santan matang sehingga sayur tidak mudah basi.

Terakhir, tes rasanya, jika sudah pas, angkat dan sajikan selagi masih hangat. Bagaimana, cukup mudah bukan membuatnya?. Selamat mencoba di rumah.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.com

Komentar