oleh

Jelang Lebaran, Insentif Guru Honorer Pamekasan Belum Jelas

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, belum bisa memastikan pencairan insentif guru honorer non kategori yang biasa cair sebelum hari raya Idul Fitri.

Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini mengungkapkan, kendala lambatnya pencairan insentif tahunan itu lantaran adanya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan validasi penerima insentif. Mengingat, saat ini ada dua model insentif yang akan dicairkan pemerintah daerah.

Dua model insentif terhadap guru honorer non kategori tersebut meliputi insentif bulanan sebesar Rp 600 ribu dan insentif tahunan yang sama-sama Rp 600 ribu. Guru penerima insentif bulanan dipastikan tidak akan menerima insentif tahunan.

“Masih proses, kalau ditanya kapan? susah karena uangnya tidak di dinas pendidikan. Dinas pendidikan hanya proses administrasinya, kita ajukan lalu kita menunggu,” kilahnya, Jumat (7/5/2021).

Dikatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan validasi data agar tidak terjadi tumpang tindih penerima. Proses tersebut tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kita mulai, karena kan berkaitan dengan proses administrasi SIPD kemarin. Tetapi kan bukan SIPDnya yang bermasalah, data kami belum fix, karena kan data penerima insentif bulanan itu kan baru. Karena kita harus betul datanya, jangan sampai ada yang salah,” tandasnya.

Ditanya apakah insentif tersebut bisa cair sebelum lebaran? Zaini tidak menjawab secara pasti. Sebab, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan untuk proses pencairan tersebut.

“Mudah-mudahan lah, kita akan berusaha secara maksimal. Teman-teman lembur semua untuk urusan ini, karena semuanya nunggu,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar