oleh

Resep Lumpia Lobak yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Lumpia atau lun pia adalah sejenis jajanan tradisional khas warga Tionghoa. Lumpia terdiri dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum yang digunakan sebagai kulit (pembungkus) isian. Isian lumpia biasanya terdiri dari rebung, telur, sayuran segar, daging, udang, seafood, dan sebagainya.

Pada dasarnya orang membuat lumpia dengan isian rebung atau bihun, tapi sebenarnya isian lumpia bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan, misalnya lobak. Mungkin banyak orang pensaran seperti apa rasanya. Lobak mampu memberikan tekstur renyah dan gurih saat makan lumpia.

Lagipula banyak orang mungkin penasaran lobak bisa diolah menjadi apa. Berikut ini resep lumpia isi lobak, seperti yang dilansir laman fimela.com. Yuk, simak dibawah ini.

Bahan-bahan:
1 buah lobak ukuran sedang, kupas dan potong korek api tipis
100 gr udang/secukupnya, cincang (bisa diganti daging ayam)
1 butir telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu:
3 siung bawang putih, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ebi, haluskan
garam dan gula secukupnya
kulit lumpia siap pakai
2 sdm tepung terigu larutkan dengan sedikit air sebagai perekat kulit

Cara Membuat:
Haluskan bawang putih dan bawang merah hingga halus. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ebi dan masak bumbu hingga matang. Masukkan udang dan tumis hingga matang. Tuang telur dan oseng orak-arik hingga matang. Masukkan merica, garam dan gula. Aduk rata.

Masukkan lobak dan daun bawang. Tuang air agar bumbu meresap ke dalam lobak. Jangan terlalu banyak agak isian tidak terlalu basah. Jika sudah matang dan cukup kering, matikan api. Ambil satu lembar kulit, isi dengan isian secukupnya, gulung dan rekatkan pinggiran kulit dengan larutan tepung. Lakukan hingga habis.

Goreng lumpia hingga matang kecokelatan. Angkat. Sajikan lumpia lobak dengan saus favorit atau cabai rawit. Nikmati selagi hangat. Selamat mencoba.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar