oleh

Bermain Hujan Baik Bagi Tubuh si Kecil

PortalMadura.Com – Ketika musim hujan tiba sebagian orang tua berusaha melindungi anak dari air hujan. Sebab, banyak orang tua khawatir jika kehujanan bakal terserang flu dan penyakit lainnya. Di mana mereka ingin sekali merasakan basah kuyup atau sekedar cipratan-cipratan di air yang tergenang. Untuk itu sebelum mereka bermain hujan, pastikan mereka dalam keadaan sehat dan hujan yang turun tidak terlalu deras yang tidak disertai angin atau petir.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (10/6/2020) berikut ulasan 5 manfaat untuk anak ketika bermain hujan-hujanan.

Melatih Stimulasi Kemampuan Motorik Anak
Manfaat membiarkan anak bermain hujan-hujanan yang pertama pastinya mampu menstimulasi kemampuan fisik dan motoriknya. Banyaknya gerakan tubuh seperti berolahraga dengan melompat, menengadahkan kepala, berlari, menendang hujan, dan bermain cipratan air dengan teman-temannya. Banyaknya aktivitas dan gerakan fisik tersebut akan menstimulasi motoriknya untuk berkembang, lebih lincah, bisa koordinasi, serta melatih kecerdasan logika berpikir anak.

Merangsang Imajinasi dan Kreativitas Anak
anak akan terpancing untuk melakukan hal-hal baru dan merangsangnya untuk lebih kreatif. Anda akan melihat anak mulai memanfaatkan elemen di alam, seperti membuat kapal dari daun atau kertas di genangan air, menampung air hujan, dan bermain seluncur di rumput. Lama kelamaan anak akan mulai berimajinasi, entah menjadi seorang kapten kapal, bermain peran superhero dengan temannya, dan menjadi penari dengan backgdround rintik hujan. Secara tidak langsung, praktik sederhana ini akan merangsang kecerdasan alami anak dengan cara menyenangkan.

Menguatkan Tulang
Dari sekian banyak studi menunjukkan bahwa tulang bisa semakin kuat karena hujan. Ion negatif yang terkandung di dalamnya menghasilkan reaksi biokimia, lalu menetralkan keasaman tubuh, dan menghancurkan radikal bebas. Apalagi ditambah dengan gerakan fisik yang lincah tadi, pastinya masa pertumbuhan dan perkembangan tulangnya menjadi lebih optimal.

Mempertajam Indra
Manfaat membiarkan anak bermain hujan-hujanan berikutnya ialah membantu mempertajam indra. Melalui pengenalan langsung di alam, anak yang dalam proses peningkatan keseimbangan akan lebih peka. Anak merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin, dan sebaliknya.

Merangsang Kekebalan Tubuh
Semakin terbiasa untuk anak terguyur hujan, akan membantu tubuh merangsang kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dan terbebas dari racun. Tubuh anak akan mulai belajar beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungan, hal ini juga mampu melatih imunitasnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar