oleh

Resep Mendol Tempe Khas Malang

PortalMadura.Com – Kota Malang merupakan salah satu kota yang selalu jadi rekomendasi untuk liburan. Selain banyak tempat indah dan wahana rekreasi, kota apel ini juga menjadi surganya kuliner yang lezat. Salah satunya yaitu mendol tempe.

Makanan yang bahan dasarnya tempe ini bisa dijadikan lauk atau sekadar camilan. Rasanya yang gurih dan biasanya berbentuk lonjong menjadikan mendol tempe banyak diburu wisatawan.

Penasaran, bagaimana rasa dan cara membuatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut ini resep mendol tempe khas Malang.

Bahan:

300 gram tempe yang sudah terlalu matang

Bumbu Halus:

3 siung bawang putih
3 buah cabai keriting
2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 ruas kencur
1 sendok teh garam
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat:

Kukus tempe kurang lebih selama 15 menit, haluskan selagi hangat. Setelah itu, blender atau ulek bumbu hingga halus tapi tidak terlalu lembut, campurkan dengan tempe. Lalu, ambil satu kepal tangan secukupnya dan remas-remas agar padat. Lakukan hingga habis.

Panaskan minyak, goreng mendol hingga matang. Jangan sering dibolak-balik dan menggoreng 3-4 biji saja agar tidak hancur saat digoreng. Setelah matang kecokelatan dan kering bagian luarnya, angkat dari penggorengan. Tiriskan minyaknya.

Mendol siap disantap bersama nasi putih hangat. Ditambah sayur lodeh dan sambal terasi jadi semakin nikmat.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.Com

Komentar