Resep Menu Sahur Ikan Bakar Manokwari

Avatar of PortalMadura.com
Resep Menu Sahur Ikan Bakar Manokwari
ilustrasi (kongkrit.com)

PortalMadura.Com, merupakan makanan khas Papua, ikan bakar ini berbahan dasar ikan tongkol dan seperti ikan bakar pada umumnya. Yang membedakan ikan bakar Manokwari khas Papua ini dengan daerah lain yakni dari bumbu sambalnya, dimana pada ikan bakar Manokwari disini bumbu sambal yang digunakan yakni bumbu sambal yang digiling kasar dan disajikan secara mentah. biasanya ikan yang digunakan ikan jenis tongkol, tetapi kalian bisa menggunakan jenis ikan sesuai selera kalian.

Dengan bahan dasar yang gampang kalian semuanya bisa menikmati makanan Khas Papua ini tanpa kalian harus ke Papua, dilansir dari laman Liputan6.com, Sabtu (9/5/2020) dengan lengkap dibawah ini:

Bahan-bahan:

1 ekor ikan tongkol atau sesuai selera kalian
1 buah jeruk nipis
garam secukupnya
lada secukupnya

Bahan sambal:

10 bh cabai rawit merah
7 siung bawang merah
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat

Pertama, siapkan Ikan Tongkol dan dicuci bersih, kemudian taburi dengan perasan air jeruk nipis, tambahkan sedikit lada, aduk rata dan diamkan terlebih dahulu selama 15 menit.

Selanjutnya bakar ikan diatas api atau panggang hingga matang.
setelah ikan matang, buat sambal, haluskan bahan sambal yang telah disiapkan dan campur semua bahan sambal sampai merata. Kemudian sajikan ikan diatas wadah dan beri lumuran sambal yang telah dihaluskan tadi. Ikan bakan manokwari siap dihidangkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.