oleh

Lakukan 5 Cara Ini agar Anak Tidak Stres Selama di Rumah

PortalMadura.Com – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona adalah dengan membatasi diri keluar rumah. Bahkan, pemerintah sudah membuat kebijakan untuk menutup sekolah sampai waktu yang tidak ditentukan. Apa Anak sudah mulai rewel karena tak pernah berpergian ke luar rumah selama pandemi Corona?

Beberapa anak mungkin bosan di rumah saja. Jika mungkin setiap akhir pekan pergi berolahraga ke taman, main di mal, hingga staycation, kini hal tersebut tak bisa dilakukan ya, Bunda. Namun, tak semua anak mengerti akan kondisi sekarang. Mereka bisa saja merasa stres dan menjadi rewel.

Melansir dari Haibunda.com dikutip oleh laman Kidshealth, tanda atau gejala stres pada anak dapat dilihat dari perubahan perilaku jangka pendek. Seperti misalnya suasana hati, berakting, perubahan pola tidur, bahkan mengompol lho, Bunda. Untuk itu, Bunda harus menjaga kesehatan mental anak agar tidak stres selama di rumah saja.

Bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa cara untuk memahami anak agar tidak stres selama pandemi Corona. Yuk, simak dibawah ini Bun.

Buat Jadwal
Buatlah jadwal untuk Anak Anda. Suatu jadwal harus memberikan kepastian dan durasi waktu. Itu akan berkontribusi pada tujuan dan pencapaian. Buat jadwal untuk membantu anak-anak tahu apa yang bisa mereka harapkan selanjutnya. Selain tugas sekolah, pastikan menyelipkan waktu untuk kegiatan seni yang menyenangkan, seperti musik, olahraga, bermain, hingga mengobrol dengan teman secara virtual.

Berikan Tugas Rumah
Ajarkan Anak keterampilan hidup, ini adalah salah satu cara yang bagus. Mungkin sebelum pandemi Corona, Anak-anak hanya belajar dan bermain. Kini bantu selipkan tugas rumah agar mereka tetap merasa sibuk. Pekerjaan rumah harus disesuaikan dengan perkembangan Anak.

Jika Anak lebih besar diharapkan bisa menyelesaikan tugas yang kompleks. Jangan lupa memberikan pujian ketika Anak menyelesaikan tugas rumah dengan baik. Pujian sangat bermanfaat terutama selama masa pandemi seperti ini.

Jaga Rumah Tetap Rapi
Memiliki rumah atau ruangan khusus yang rapi, bisa membantu menjaga pikiran tetap tenang. Kekacauan dan gangguan dalam ruangan bisa berkontribusi pada mental yang buruk. Buat ruang kerja Bunda dekat dengan ruangan anak beraktivitas, agar bisa tetap mengawasi sambil menjawab pertanyaan mereka saat diperlukan.

Ketahui Perasaan Anak
Sebaiknya luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Anak. Kesepian, kebosanan, frustrasi, dan kecemasan mungkin menjadi respon yang Bunda terima. Beritahu Anak kalau perasaan seperti itu bisa dipahami dalam situasi seperti ini. Cari kegiatan yang ingin dilakukan anak selama di rumah saja untuk mengatasi perasaan tersebut.

Berikan Sedikit Kelonggaran
Mungkin beberapa hari menjadi sangat produktif dan tidak. Itu tidak masalah, Bun. Berikan Anak-anak kelonggaran tapi tetap menjadi patuh. Dibanding menuntut mereka, lebih baik tetap bangga dengan kegiatan yang diselesaikan sepanjang hari.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : Haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar