Resep Nasi Bakar Sumsum khas Banten yang Bikin Nagih

Avatar of PortalMadura.com
Resep Nasi Bakar Sumsum khas Banten yang Bikin Nagih
Ilustrasi (travelling yuk)

PortalMadura.Com – Disetiap kota di Indonesia pasti mempunyai makanan khas yang menjadi ikon. Tidak terkecuali di Banten. Nah, salah satu makanan khas Banten yaitu nasi bakar sumsum. Rasanya yang enak, gurih dan lezat membuat penikmatnya pasti merasa ketagihan.

Namun, bagi Anda yang berada jauh dari kota Banten dan ingin menikmati nasi bakar sumsum khas Banten, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa membuatnya di rumah. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan nasi:

500 gr nasi
3 batang serai
6 lembar daun jeruk
6 buah cabai rawit
1 sdt garam
daun kemangi secukupnya
minyak secukupnya
Bumbu halus:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 buah cabai keriting
1 sdt lada

Bahan dan bumbu sumsum:

300 gr sumsum sapi
100 ml air
4 siung bawang putih
4 batang serai
4 lembar daun jeruk
2 cm jahe
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian memarkan serai, masukkan ke dalam bumbu halus bersama daun jeruk dan cabai rawit yang sudah dikerat-kerat. Setelah itu, tumis hingga bumbu matang. Lalu masukkan nasi, aduk rata dengan bumbu. Masak hingga sedap. Angkat.

Untuk sumsum, panaskan minyak. Kemudian tumis bawang putih yang sudah dicincang, masukkan serai dan jahe yang sudah dimemarkan bersama daun jeruk. Jika sudah harum, masukkan sumsum tulang dan tumis hingga lembek. Setelah itu, masukkan Air dan beri sedikit garam. Aduk rata, angkat.

Ambil daun pisang, tata nasi secukupnya. Kemudian isi dengan sumsum tulang. Setelah itu, balut dengan nasi lagi. Lalu bungkus daun pisang. Lakukan hingga habis. Bakar selama 10-15 menit atau hingga daun pisang terbakar sedap. Angkat dan sajikan nasi bakar sumsum khas Banten.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.