oleh

Resep Nasi Bakar Sumsum khas Banten yang Bikin Nagih

PortalMadura.Com – Disetiap kota di Indonesia pasti mempunyai makanan khas yang menjadi ikon. Tidak terkecuali di Banten. Nah, salah satu makanan khas Banten yaitu nasi bakar sumsum. Rasanya yang enak, gurih dan lezat membuat penikmatnya pasti merasa ketagihan.

Namun, bagi Anda yang berada jauh dari kota Banten dan ingin menikmati nasi bakar sumsum khas Banten, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa membuatnya di rumah. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Bahan nasi:

500 gr nasi
3 batang serai
6 lembar daun jeruk
6 buah cabai rawit
1 sdt garam
daun kemangi secukupnya
minyak secukupnya
Bumbu halus:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 buah cabai keriting
1 sdt lada

Bahan dan bumbu sumsum:

300 gr sumsum sapi
100 ml air
4 siung bawang putih
4 batang serai
4 lembar daun jeruk
2 cm jahe
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian memarkan serai, masukkan ke dalam bumbu halus bersama daun jeruk dan cabai rawit yang sudah dikerat-kerat. Setelah itu, tumis hingga bumbu matang. Lalu masukkan nasi, aduk rata dengan bumbu. Masak hingga sedap. Angkat.

Untuk sumsum, panaskan minyak. Kemudian tumis bawang putih yang sudah dicincang, masukkan serai dan jahe yang sudah dimemarkan bersama daun jeruk. Jika sudah harum, masukkan sumsum tulang dan tumis hingga lembek. Setelah itu, masukkan Air dan beri sedikit garam. Aduk rata, angkat.

Ambil daun pisang, tata nasi secukupnya. Kemudian isi dengan sumsum tulang. Setelah itu, balut dengan nasi lagi. Lalu bungkus daun pisang. Lakukan hingga habis. Bakar selama 10-15 menit atau hingga daun pisang terbakar sedap. Angkat dan sajikan nasi bakar sumsum khas Banten.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar