Resep Nasi Kuning Tumpeng Enak, Gurih, Kokoh Anti “Ambyar”

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, salah satu warisan kuliner Indonesia yang khas dan berbeda dengan nasi biasanya. Nasi kuning, sesuai dengan namanya merupakan nasi yang berwarna kuning dengan menggunakan pewarna makanan alami yakni kunyit. Penyajian dari nasi kuning pun beragam, tidak hanya disajikan seperti nasi biasanya. Yang paling biasa adalah dengan membentuknya dengan bentuk corong atau biasa disebut dengan tumpeng.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Sabtu (15/8/2020), berikut nasi kuning tupeng yang enak, kokoh dan tidak gampang ambyar:

Baca Juga

Resep Nasi Kuning Tumpeng Enak, Gurih, Kokoh Anti Ambyar

Bahan-bahan:

2 liter beras
1 butir kelapa, parut dan peras untuk diambil santannya
2 sdt kunyit bubuk
2 lembar daun salam
2 batang serai
1/2 sdt garam
6 lembar daun salam
3 batang serai, ambil bagian putihnya dan geprek
1 ruas jahe, iris tipis

Cara Membuat:

Pertama, Anda rebus santan denagn garam, serai, dan daun salam sambil terus diaduk hingga mendidih. Lanjut dengan aron beras dengan sedikit air. Aduk-aduk sebentar saja. Kemudian taruh beras di baskom, tambahka kunyit bubuk dan garam. Tuang santan sedikit demi sedikit dengan gunakan bagian santan yang kental. Masukkan daun salam, serai, dan jahe. Aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kukus beras sampai matang. Terakhir siapkan cetakan tumpeng. Masukkan nasi kuning secukupnya, lalu cetak sambil ditekan-tekan. Diamkan beberapa saat, lalu keluarkan dari cetakan. Tumpeng nasi kuning siap dinikmati. Selamat mencoba. Dijamin nasi kuning tumpengnya kokoh dan anti ambyar.

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.