5 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com merupakan area paling rentan terhadap kuman dan bakteri yang masuk lewat makanan dan minuman. Selain harus pintar-pintar memilih jenis makanan, ada cara lain yang tak boleh dilewatkan untuk sepanjang hari.

5 Cara Menjaga

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Sabtu (15/8/2020), berikut ini cara mudah untuk menjaga tenggorokan agar tetap sehat dan bebas dari kuman.

Hindari Suhu Dingin

Ternyata suhu panas dari tubuh Anda bisa hilang dengan sendirinya. 40 hingga 50 persen suhu panas tubuh bisa hilang dari permukaan kepala dan leher.

Padahal saat suhu di area leher berubah dingin, tenggorokan akan rentan dilanda rasa sakit seperti batuk dan demam. Biasakan untuk memakai syal di leher Anda untuk menjaga kehangatan pada tenggorokan.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

Jangan Berbagi Peralatan

Jangan pernah mencoba untuk minum dari gelas atau botol yang sama dengan orang lain. Hal itu bisa menyebabkan risiko kontaminasi kuman atau bakteri masuk, sehingga dapat mengancam kesehatan tenggorokan Anda.

Rajin Gosok Gigi

Sebagian orang sering mengabaikan kebersihan gigi, padahal menjaga kesehatan gigi dan mulut akan menjauhkan Anda dari masalah tenggorokan.

Pastikan untuk mengganti sikat gigi paling lama tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri dan kuman yang menempel pada sikat gigi.

Rajin Kumur Air Garam

Selain rajin gosok gigi, Anda juga harus rajin kumur air garam. Berkumur air garam yang hangat dapat membantu mensterilkan mulut dan tenggorokan. Bahkan air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat.

Minum Air Jahe dan Madu

Setiap orang pasti sudah mengetahui cara yang satu ini. Cobalah untuk rutin minum air jahe dan madu 2-3 kali tiap minggu. Buatlah dengan air hangat dan cocok untuk diminum saat pagi. Jahe dan madu adalah ramuan terbaik untuk melindungi tenggorokan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.