oleh

Resep Oseng Ikan Pindang yang Pedas dan Gurih

PortalMadura.Com – Ikan pindang merupakan salah satu ikan yang banyak dijual di pasar dan harganya yang lebih murah dibandingan ikan jenis lain. Selain itu, ikan pindang juga bisa diolah menjadi banyak menu. Salah satunya yaitu oseng ikan pindang.

Menu oseng ikan pindang sangat cocok untuk tambahan menu makan siang atau malam. Cara membuatnya mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Penasaran, bagaimana rasanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman kompas.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

3 keranjang atau 6 ekor Ikan pindang
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
7 buah cabai rawit
4 buah cabai merah
4 buah cabai hijau
3 buah tomat hijau
1 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak goreng
Laos secukupnya
Garam sesuai selera Air secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan ikan, lalu goreng hingga matang, sisihkan. Kemudian, siapkan bumbu oseng dulu, iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, lalu potong-potong cabai merah, cabai hijau, cabai rawit dan tomat hijau. Iris tipis laos jangan terlalu banyak.

Panaskan wajan dengan api sedang dan tuang minyak goreng, kalau minyak sudah panas masukan bawang merah, bawang putih, masak hingga harum. Kemudian masukan cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, tomat hijau, laos, dan, daun salam. Masak bumbu hingga harum.

Tuang air secukupnya, tambahkan ikan aduk hingga bumbu tecampur dengan ikan. Setelah itu, tuang kecap manis dan tambahkan garam. Jika kurang manis bisa ditambahkan kecap manisnya. Lalu, aduk sampai merata dan tunggu hingga air berkurang sedikit.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Kompas.com

Komentar