Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Akan Periksa Hewan Kurban

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Akan Periksa Hewan Kurban
Ilustrasi (bincangsyariah.com)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1442 H.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Pamekasan, Slamet Budi Harsono mengungkapkan, pemeriksaan itu akan dilakukan di beberapa pasar tradisional dan tempat pemotongan hewan guna memastikan kesehatannya sebelum disembelih dan dikonsumsi masyarakat.

“Kami akan memeriksa hewan-hewan kurban untuk memastikan aman, sehat utuh dan halal (ASUH). Jika hewan itu ditemukan tidak sehat, kami minta untuk tidak disembelih dulu,” katanya, Rabu (30/6/2021).

Dia berharap masyarakat untuk memilih hewan kurban yang sehat untuk disembelih. Ciri-ciri fisik hewan tersebut sehat salah satunya tidak mencret, tidak sakit mata, dan pertumbuhan fisik bagus. Sementara, daging yang telah dijual di pasaran bisa diketahui dengan mengecek kondisinya. Misalnya busuk atau tidak.

Baca Juga:  10 Muharam 1444 H, Momentum Santuni Anak Yatim

“Kami juga berharap masyarakat bisa membedakan daging itu layak atau tidak. Karena ini demi kesehatan yang mengonsumsi daging tersebut,” harapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.