oleh

Resep Pepes Telur Asin yang Lezatnya Bikin Nagih

PortalMadura.Com – Telur asin merupakan salah satu makanan yang diolah dari telur bebek lalu direndam dengan adonan garam dapur, abu hingga batu bara selama beberapa hari. Hal ini dilakukan agar telur bebek bisa bertahan lama atau tidak cepat busuk. Telur ini kaya akan kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan natrium.

Dilansir PortalMadura.Com, (22/7/2019) dari laman okezone.com, bahwa dalam 100 gr (gram) telur asin mengandung 183 kalori, 12,7 gram protein, 13,6 gram lemak, 1,4 gr karbohidrat, 120 mg (miligram) kalsium dan 529 mg natrium. Sementara, dalam 100 gr telur bebek mengandung 146 mg natrium dan 56 mg kalsium. Jika dibandingkan dengan telur bebek, telur asin memiliki kandungan natrium 3 kali lipat dan kalsium 2 kali lipat lebih tinggi.

iklan pilbup

Namun, telur asin kaya akan garam di dalamnya, sehingga jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Tapi, Anda tetap bisa mengonsumsi telur asin dengan batasan yang sudah ditentukan. Anda juga bisa tetap membuat olahan makanan dari telur asin yang menyehatkan.

Baca Juga: Resep Oyong Telur Asin yang Lezat

Sebab, telur asin bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya seperti pepes telur asin. Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

6 butir telur asin
75 mililiter santan dari 1/4 buah kelapa
1 ikat daun kemangi
1 buah tomat iris tipis-tipis
Daun pisang untuk membungkus pepes
2 siung bawang putih
4 buah cabai merah keriting
2 butir kemiri
1 cm jahe
1 cm kunyit, bakar
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat:

Campur santan dengan bawang putih, cabai, jahe, kemiri, kunyit, dan gula, kemudian aduk hingga rata. Lalu, pecahkan 1 butir telur asin di atas selembar daun pisang.

Selanjutnya, tambahkan 2 sendok makan campuran santan, taburi kemangi. Bungkus dan sematkan lidi. Terakhir, kukus sampai matang, sekitar 30 menit dengan api sedang. Sajikan. Pepes telur asin siap dinikmati bersama nasi hangat.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar