oleh

Resep Praktis Roti Maryam yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Pernah merasakan roti maryam, canai atau prata?. Bagi Anda yang pernah mencobanya mungkin sudah tahu bahwa ketiganya mempunyai bentuk yang sama.

Roti ini berbahan dasar terigu dan berlapis-lapis. Biasanya, roti ini digoreng bersama margarin atau mentega hingga kecokelatan, kemudian disajikan dengan kuah kari atau topping manis.

Bagi yang ingin menikmatinya, mungkin Anda perlu membelinya ke restoran masakan Arab, India atau Aceh. Selain itu, ada juga toko swalayan yang menjual versi bekunya.

Nah, daripada Anda masih membeli, Anda sebenarnya bisa membuat sendiri di rumah. Mau tahu bagaimana?. Berikut ini cara membuat roti canai atau maryam sederhana, seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (20/10/2019) dari laman Merdeka.com:

Bahan:

300 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
50 ml minyak goreng
150 ml air hangat
1 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh gula halus (opsional)
1/2 sendok teh garam
Margarin secukupnya
Minyak goreng secukupnya (untuk merendam adonan)

Cara Membuat Roti Maryam:

Pertama, kocok telur ayam, air hangat, dan minyak goreng di dalam satu wadah. Lalu, masukan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk.

Kemudian, uleni adonan sambil dibanting-banting sampai kalis. Bulatkan seukuran bola ping-pong. Lalu rendam di dalam minyak goreng. Tutupi wadahnya dengan kain bersih dan diamkan selama kurang lebih 1-2 jam.

Selanjutnya, ambil bola adonan yang sudah direndam minyak, kemudian pipihkan. Gulung memanjang adonan yang sudah pipih. Gulung roti canai atau maryam hingga membentuk huruf S, lalu tumpuk menjadi satu dan pipihkan lagi.

Terakhir, panaskan wajan yang sudah diolesi margarin, goreng roti maryam hingga permukaan kedua sisinya berwarna cokelat keemasan. Sajikan roti canai atau maryam selagi hangat bersama kari, gulai, madu, kental manis, atau parutan keju.

Baca Juga : Ini Dia Resep Mudah Roti Canai Lembut dan Enak

Selesai, Anda sudah bisa menikmati sajian roti maryam hasil kreasi sendiri. Bagaimana, resep yang sangat mudah bukan?. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar