oleh

Resep Rendang Telur, Ide Lauk Praktis di Hari Lebaran

PortalMadura.Com – Hari raya Idul Fitri atau lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di dunia. Selain sebagai ajang saling memaafkan, silaturahmi keluarga, hal yang juga dinanti-nantikan oleh kebanyakan orang adalah sajian lezatnya.

Ada beragam olahan menu enak dan nikmat di perayaan ini, seperti opor ayam, aneka ketupat dengan lauk-pauknya dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi selain menyajikan opor lezat untuk Lebaran, sebaiknya menyajikan makanan lain juga seperti rendang telur.

Nah, untuk membuat rendang telur juga mudah. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan dan juga resep serta cara membuatnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (12/5/2021) dari laman Okezone.com:

Bahan-bahan

1 1/2 kg telur ayam rebus
1.200 ml santan kental
1/2 butir kelapa parut (Sangrai hingga kecokelatan lalu haluskan/diblender)
100 ml minyak goreng

Bumbu Halus

100 gr cabe merah (buang bijinya)
10 cabe merah kering (direbus)
8 siung bawang putih
8 siung bawang merah
4 buah kemiri

Bumbu Rempah

3 cm lengkuas (dimemarkan)
2 batang serai (dimemarkan, ikat)
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
4 cengkeh
3 pekak/bunga lawang

Bumbu Pelengkap

Secukupnya garam
Secukupnya gula pasir
1 sdm gula merah sisir
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt jinten bubuk

Langkah Membuat Rendang Telur

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum dan berubah warna merah tua. Kemudian, masukan telur rebus, aduk rata. Tuang santan dan beri bumbu pelengkap.

Setelah itu, aduk terus agar santan tidak pecah, masak hingga kuah mendidih. Kemudian masukan kelapa parut sangrai, aduk lagi rata, kecilkan api, masak hingga kuah surut dan menjadi berminyak dan warna bumbu berubah jadi merah gelap kehitaman.

Selesai, rendang telur siap disajikan bersama nasi putih hangat. Cocok untuk menu lebaran Anda di rumah bersama keluarga besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar