oleh

Resep Roti Sobek Super Lembut

PortalMadura.Com – Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek. Roti ini tergolong praktis karena sering digunakan untuk mengganjal perut saat lapar melanda dan karena roti ini tidak mudah basi. Berbagai macam isian dapat divariasikan agar roti lembut ini semakin enak.

Roti sobek biasa dijual di berbagai minimarket dengan isian bermacam-macam. Sebenarnya kita bisa juga membuat sendiri di rumah. Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (18/9/2020) berikut resep roti sobek:

iklan hari santri

Resep Roti Sobek

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 40 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 30 gram mentega
  • cokelat meses sebagai isian
  • keju parut dan choco chips sebagai taburan

Cara membuat:

Pertama, campur tepung terigu, susu, ragi instan, dan gula. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan telur ke dalam adonan. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga tercampur rata. Lalu tambahkan garam dan mentega. Kocok dengan mixer berkecepatan tinggi hingga kalis selama kurang lebih 15 menit. Setelah adonan kalis, bulatkan adonan dan taruh di dalam wadah yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan serbet bersih. Diamkan kurang lebih 20 menit. Uleni kembali adonan hingga udaranya keluar. Lalu bagi adonan menjadi 10 bagian dan bulatkan.

Setelah itu, ambil masing-masing adonan dan pipihkan sedikit bagian tepinya. Beri isian cokelat meses, bulatkan kembali. Lalu tata dalam loyang. Tutup loyang dengan serbet bersih hingga mengembang dua kali lipat. Panaskan oven, panggang roti selama kurang lebih 20 menit dengan api bawah. Olesi permukaan adonan dengan susu dan taburi dengan keju dan choco chips. Panggang kembali selama kurang lebih 10 menit dengan api bawah. Panggang dengan api atas bawah selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan roti dan sajikan. Selamat mencoba

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.