oleh

Resep Rujak Cingur Khas Surabaya yang Maknyus

PortalMadura.Com – Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi surga kuliner bagi warganya juga para wisatawan yang berkunjung ke kota pahlawan ini. Salah satu kuliner yang paling terkenal yaitu rujak cingur.

Siapa yang belum pernah mencicipi rujak cingur khas Surabaya? Tentunya sebagian besar orang sudah pernah merasakan betapa lezatnya rujak cingur. Karena sekarang hampir di semua daerah di Indonesia ada penjual rujak cingur khas Surabaya.

Ternyata membuat rujak cingur sangatlah gampang dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman idntimes.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

250 gram cingur
50 gram taoge
2 ikat kangkung
1 buah mentimun
1 buah bengkuang
½ papan tempe
2 buah tahu

Bahan bumbu rujak:

20 buah cabai rawit
3 sendok makan kacang tanah goreng
2 sendok makan petis udang
2 siung bawang putih goreng
4 sendok makan air asam Jawa
2 sendok makan gula merah
¼ sendok teh garam
2 buah pisang klutuk
Air secukupnya

Bahan pelengkap:

Lontong secukupnya
Kerupuk secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat cingur:

Rebus cingur hingga empuk, tiriskan, kemudian potong-potong. Setelah itu, petik-petik daun kangkung, lalu rebus sampai matang. Lalu rendam taoge dengan air panas, tiriskan. Kemudian potong tipis mentimun dan bengkuang, sisihkan. Goreng tempe dan tahu sampai matang, kemudian potong-potong.

Cara membuat bumbu rujak cingur:
Haluskan cabai rawit, kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, dan pisang klutuk. Kemudian tambahkan petis udang, air asam Jawa, dan air secukupnya, lalu aduk rata. Lalu tata sayuran, cingur, tahu, dan tempe goreng di piring. Setelah itu, siram dengan bumbu rujak. Sajikan dengan lontong, kerupuk serta bawang putih goreng.

Itulah cara membuat resep rujak cingur makanan khas Surabaya yang gurih dan bikin seger. Ternyata gampang banget, kan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: idntimes.com

Komentar