oleh

Resep Sate Loso Khas Pemalang, Enak dan Gurih

PortalMadura.Com – Pernah mencoba sate loso?. Kedengarannya memang sedikit asing, karena makanan ini merupakan khas Pemalang. Bahan dasar dari sate ini bukan dari daging sapi atau ayam pada umumnya, melainkan dari daging kerbau.

Tentunya ini cukup menarik untuk menu makan malam Anda hari ini bersama keluarga tercinta. Bagi Anda yang tertarik membuatnya dan susah mencari daging kerbau, Anda bisa menggantinya daging sapi. Bagaimana, penasaran dengan cara membuatnya?. Simak selengkapnya di bawah ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (21/9/2021) dari laman Fimela.com:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Bahan

500 gr daging sapi atau kerbau
1 liter air kelapa
2 batang serai
2 sdm gula merah

Bumbu Halus

8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
2 butir kemiri sangrai
1 cm lengkuas
1 cm jahe
1/4 sdt jintan
2 sdt garam

Bumbu Kacang

200 gr kacang tanah
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
Garam dan gula secukupnya
Kecap manis dan air panas secukupnya

Cara Membuat

Pertama, campurkan daging dengan bumbu halus, gula merah, serai memarkan dan air kelapa di dalam panci. Masak bacem selama 30 menit atau hingga daging matang dan cukup empuk.

Kemudian, potong-potong daging setelah agak dingin, tusuk-tusuk pada tusukan sate. Lalu, goreng kacang tanah untuk saus, goreng pula terpisah bawang. Haluskan bumbu kacang, sisihkan.

Terakhir, panggang sate hingga agak kering dan sedap, jika sudah angkat. Di piring, tata sate dengan saus kacang yang dituang. Selesai, Anda sudah bisa menikmati selagi masih hangat. Dijamin mantul dan ketagihan.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar