Resep Sate Matang Khas Aceh, Nikmat dan Menggugah Selera

  • Bagikan
Resep-Sate-Matang-Khas-Aceh,-Nikmat-dan-Menggugah-Selera
Ilustrasi (reseprex.b;ogspot.com)

PortalMadura.Com – Seiring dengan perkembangan zaman, olahan sate semakin hari kian bervarian dari berbagai daerah, seperti sate Madura, sate Maranggi hingga sate lilit khas Bali. Tidak terkecuali Aceh, di sana juga punya sate khas mereka yaitu sate matang.

Biasanya sate matang ini disajikan bersama semangkuk kuah soto panas. Tentu rasanya akan semakin menggugah selera dan nikmat. Bagaimana, penasaran dengan rasanya?. Yuk bikin sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut seperti dilansir PortalMadura.Com, Selasa (23/11/2021) dari laman Idntimes.com:

Bahan Bakar Sate

300 gram daging sapi/kambing
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh garam
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1 batang serai
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
2 butir kemiri
1 siung bawang putih

Bahan Bumbu Kacang

1 ons kacang tanah goreng
1 siung bawang putih geprak
1 daun jeruk
1 daun salam besar
1 lembar daun pandan
1 batang serai yg kecil
1 batang kayu manis
2 ons cabai kering
1 ons gula merah
100 ml kecap manis
200 ml santan kental

Cara Membuat

Langkah pertama, siapkan dagingnya dulu. Boleh daging sapi atau kambing. Potong dadu sesuai ukuran yang diinginkan. Campurkan daging tadi dengan nanas yang telah dihaluskan dan tambahkan satu sendok teh garam, biarkan selama 15 menit agar daging menjadi empuk dan tidak amis.

Setelah itu, sambil menunggu rendaman daging, Anda siapkan bumbunya dulu. Bumbu yang pertama adalah bumbu bakar. Siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, serai, ketumbar, dan kunyit lalu haluskan semua bumbu sampai benar-benar lembut. Setelah benar-benar lembut, pindahkan bumbu halus tadi ke wadah.

Bumbu yang kedua adalah bumbu kacang. Haluskan kacang yang telah digoreng dengan cabai kering. Pastikan jangan terlalu halus untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Selanjutnya tumis bumbu kacang tadi. Lalu masukkan daun salam, serai, daun pandan, kayu manis, gula merah, garam, dan kecap manis.

Aduk hingga rata dan tambahkan 200 ml santan. Lalu, tunggu hingga bumbu sedikit mengering. Selanjutnya proses pembakaran sate. Ambil daging yang sudah dibumbui tadi. Lalu, tusuk daging dengan tusukan sate. Setelah itu, bakar daging sampai matang. Jangan lupa oleskan juga bumbu bakar yang telah Anda siapkan tadi.

Terakhir, siapkan piring dan segera hidangkan satenya selagi panas. Jangan lupa siramkan bumbu kacangnya. Kalau ingin lebih nikmat, tambahkan kuah soto panas sebagai pendampingnya. Nah, jadilah sajian lezat khas Aceh.

Bagaimana, mudah membuatnya, kan? Menu ini juga cocok Anda masak di rumah. Apalagi buat menyambut tamu atau teman yang berkunjung. Dijamin pada suka dan ketagihan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.