oleh

Resep Sate Tempe Pedas yang Lezat dan Nikmat

PortalMadura.Com – Tempe adalah makanan asli Indonesia yang bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Makanan yang dibuat dari bahan baku kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi tak heran makanan ini menjadi menu favorit banyak orang.

Selain memilki kandungan gizi yang tinggi tempe juga sangat murah dan memiliki menu variasi yang sangat banyak. Kalau biasanya tempe diolah dengan cara digoreng atau dioseng, kali ini cara pengolahannya sedikit berbeda.

Salah satunya adalah olahan sate tempe pedas. Tempe diolah dengan bumbu spesial namun mudah dibuat, hingga menghasilkan menu sate nan lezat. Cocok sekali disantap dengan nasi hangat. Melansir dari laman Haibunda.com, berikut ini resepya.

Bahan-bahan:
400 gram tempe
2 lembar daun salam
Seruas lengkuas, memarkan
100 ml santan
Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
10 butir cabai rawit
Seruas kunyit
1 sdt ketumbar

Bahan Olesan:
2 sdm kecap manis, campur dengan 1 sdt minyak sayur, aduk rata.

Cara Membuat:
Siapkan adonan untuk olesannya. Potong tempe berbentuk dadu-dadu. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kunyit dan ketumbar sampai bumbu halus. Tumis bumbu yang sudah dihalus, masukkan lengkuas dan daun salam tumis hingga harum.

Setelah bumbu sudah harum masukkan tempe, aduk rata, tuang santan. Beri garam dan gula secukupnya. Masak sampai santan mengering dan bumbu meresap. Tusuk tempe dengan tusukan sate. Olesi kecap manis. Bakar sampai harum dan kecoklatan. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : Haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar