Kenali 5 Cara untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Cara untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan
Ilustrasi (tirto.id)

PortalMadura.Com – Anak yang sulit atau sering memilih-milih makanan adalah tantangan bagi orang tua dalam memahami karakter, kemampuan makan, dan selera makan anak. Melalui pendekatan dan pemahaman yang baik, masalah pemberian makanan mampu diatasi untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Bagaimana tidak, usia anak-anak adalah masa ‘golden moment’, dimana anak-anak dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan asupan gizi yang maksimal. Tentu saja berbagai upaya akan dilakukan para orang tua, terutama Ibu, agar anaknya mau makan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu lebih kreatif.

Anak dapat mengembangkan pola makan tertentu sejak usia balita. Kebiasaan ini dapat dipelajari ketika seorang anak mengamati perilaku, yang tujuannya adalah meniru orang-orang di sekitarnya. Melansir dari fimela.com dikutip oleh laman sheknows.com, ada beberapa cara mengatasi anak yang susah makan. Seperti apa simak dibawah ini.

Pemilih Makanan
Berurusan dengan pemilih makanan memang bisa membuat stres, namun cobalah untuk tetap tenang. Anak menyukai perhatian, sehingga segala jenis respon yang Anda berikan dapat memperkuat perilaku mereka, baik atau buruk. Jika anak menolak makan sesuatu, Anda mungkin tergoda untuk menawarkan makanan yang mereka inginkan, namun cobalah untuk menghindari cara ini. Teruslah mencoba membuat anak mencoba makan makanan baru.

Pecinta Gula
Anak Anda pecinta gula, maka hal yang terbaik Anda lakukan adalah mengganti makanan favorit dengan alternatif lainnya yang tidak mengandung gula. Selain itu, pertimbangkan apakah kekurangan nutrisi yang membuat anak sangat menyukai gula, karena kurangnya kadar zat besi dapat menyebabkan energi yang rendah dan kelelahan.

Pemalu
Ini adalah respon kecemasan dan karena alasannya cenderung serius, kemungkinan besar Anda membutuhkan bantuan profesional untuk membantu anak. Anak yang pemalu untuk makan di depan orang lain biasanya harus dilihat dari garis waktu yang lebih lama, seperti budaya makan dalam keluarganya, yang secara tidak sadar memicu perilaku tersebut.

Anak yang Selalu Lapar
Hal ini bisa jadi karena anak tidak mendapatkan makronutrien yang benar. Cobalah untuk menyiapkan makanan yang seimbang untuk anak agar mereka dapat lebih mengendalikan nafsu makannya.

Tukang Protes
Jika anak terus menerus mengatakan bahwa ia tidak lapar, mungkin ia hanya belum membuang energinya. Lapar dihasilkan dari aktivitas yang menguras energi, sehingga Anda bisa mengajak anak beraktivitas lebih agar mereka merasa membutuhkan asupan makanan untuk mengisi energi mereka kembali. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.