oleh

Resep Saus Barbeque yang Cocok untuk Acara Malam Tahun Baru

PortalMadura.Com – Tahun baru 2020 tinggal menghitung hari. Biasanya momen pergantian tahun di isi dengan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu barbeque bersama teman, sahabat atau keluarga.

Berbagai bahan makanan perlu dipersiapkan untuk barbeque. Seperti berbagai jenis seafood, daging, ayam dan lain sebagainya. Satu hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu saus barbeque.

Meski saus barbeque kemasan banyak di pasaran, tapi tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri di rumah. Selain lebih sehat, rasanya juga akan lebih khas dan enak. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (29/12/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Food Netwrok.

Ini resepnya:

Bahan:

1 Sendok makan minyak canola
2 Siung bawang putih cincang
1/2 Bawang bombai, potong dadu
236 ml saus tomat
78 ml molase (tetes tebu/sebagai pengganti gula)
78 gula merah gula merah
4 sdm jalapeno kering
4 sdm cuka
1 sdm kecap inggris
Sedikit garam

Baca Juga: Bupati Sumenep Titip Output Pilkada 2020 Berkualitas

Cara Membuat:

Tuangkan minyak ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Kemudian tambahkan bawang putih dan bawang bombai ke dalam panci. Aduk dan masak selama 5 menit. Selama memasak bawang ini, Anda harus memerhatikannya agar tidak gosong. Kecilkan api menjadi yang paling rendah.

Tambahkan saus tomat, molase, gula merah, jalapeno kering, cuka (dapat disesuaikan dengan selera), saus Worcestershire (kecap inggris), dan garam ke dalam panci. Setelah itu, aduk hingga semua bahan tercampur. Biarkan adonan saus mendidih selama 20 menit. Lalu cicipi adonan saus yang sudah selesai dimasak. Anda juga dapat menambahkan bahan apa pun yang dibutuhkan.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar