4 Khasiat Tak Disangka Minyak Biji Bunga Matahari Bagi Kulit

Avatar of PortalMadura.com
4 Khasiat Tak Disangka Minyak Biji Bunga Matahari Bagi Kulit
Ilustrasi (trubunnews.com)

PortalMadura.Com – Ketika melihat , rasanya mata ini juga ikut berbinar layaknya bersinar seperti matahari. Warnanya yang kuning menyala itu membuat siapa saja yang memandangnya merasa bercahaya.

Di balik keindahan bunga ini, tahukah Anda jika bunga matahari juga menyimpan sejumlah manfaat baik bagi kecantikan. Misalnya saja minyak bunga matahari yang dihasilkan dari lemak biji bunga matahari.

Sebab, minyak yang terbuat dari ekstrak kuaci ini memiliki kandungan Asam oleat, Vitamin E, Sesamol dan Asam linoleat. Dari keempat senyawa ini mempunyai khasiat masing-masing untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Apa saja?.

Dilansir PortalMadura.Com, Minggu (12/29/2019) dari laman Hellosehat.com, berikut beberapa manfaat untuk kulit:

Aman dan Lembut untuk Kulit

Perlu Anda ketahui, minyak biji bunga matahari bersifat non-comedogenic. Ini artinya, minyak biji bunga matahari tidak membuat kulit rentan berkomedo karena sifatnya tidak menyebabkan iritasi kulit serta tidak menyumbat pori.

Kandungan asam oleatnya membuat minyak ini mudah terserap kulit sehingga tidak menyumbat pori. Jika pori-pori tidak tersumbat, risiko munculnya komedo pun semakin rendah.

Oleh karena itu, minyak biji bunga matahari ini dapat digunakan pada hampir semua jenis kulit. Bukankah Anda akan merasa terganggu ketika ada komedo yang muncul di hidung?. Maka, manfaatkanlah minyak biji bunga matahari itu untuk mengatasinya.

Mengandung Antioksidan

Selain bersifat non-comedogenic, minyak biji bunga matahari juga mengandung senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut berasal dari vitamin E yang ada pada minyak ini.

Fungsinya adalah untuk mengurangi bahaya yang diperoleh dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Jika kulit kekurangan vitamin E dan terlalu sering terpapar sinar matahari, kulit Anda akan lebih cepat menua dan menyebabkan timbulnya keriput.

Baca Juga : 5 Khasiat Kuaci Bunga Matahari untuk Kesehatan

Oleh karena itu, antioksidan dalam vitamin E pada minyak biji bunga matahari membantu Anda mengurangi penuaan kulit tersebut. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Brazil yang mengungkapkan bahwa antioksidan pada vitamin E menetralisasi oksigen pada membran sel.

Maka dari itu, sel-sel di dalam kulit menjadi lebih terlindungi dibandingkan mereka yang tidak menggunakan vitamin E.

Menjaga Lapisan Perlindungan Kulit

Selain bisa mencegah bahaya radikal bebas akibat paparan sinar matahari, minyak biji bunga matahari juga bisa digunakan untuk menjaga lapisan perlindungan kulit.

Menurut sebuah penelitian dari Pediatric Dermatology, minyak biji bunga matahari cenderung lebih efektif untuk membuat kulit lebih lembap. Bahkan, minyak tersebut juga membantu menjaga keutuhan lapisan luar kulit.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan asam linoleat pada minyak berwarna kuning ini membantu kulit untuk menjaga penghalang alami kulit. Sedangkan penghalang kulit tersebut bertugas untuk mempertahankan kadar kelembapan kulit, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering atau eksim.

Membantu Menyembuhkan Luka

Khasiat lainnya dari minyak biji bunga matahari untuk kulit adalah membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan minyak tersebut mengandung asam oleat.

Pernyataan tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Immunobiology. Hasilnya menunjukkan, bahwa sifat antiradang dari asam oleat bisa mengurangi peradangan pada kulit, sehingga proses penyembuhan luka semakin cepat.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang menggunakan manusia untuk melihat proses penyembuhan tersebut, sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut agar lebih pasti.

Catatan: Minyak biji bunga matahari memang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya karena dikhawatirkan bisa menimbulkan alergi pada jenis kulit tertentu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.