oleh

Resep Semar Mendem Khas Solo yang Enak dan Gurih

PortalMadura.Com – Ada banyak jenis makanan tradisional indonesia yang khas dari setiap daerah. Salah satunya semar mendem makanan khas Solo yang terkenal dengan rasanya yang gurih. Namun, jajanan gurih ini sudah jarang ditemui. Tapi jangan khawatir Anda bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (12/8/2020), berikut resep semar mendem yang enak dan gurih:

Resep Semar Mendem Khas Solo yang Enak dan Gurih

Bahan Telur Dadar:

300 ml air
4 butir telur ayam
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt garam
1 sdt minyak goreng

Bahan Ketan:

300 gr beras ketan, rendam selama 3 jam
200 ml santan kental
1 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpul

Bahan Isian:

300 gr daging ayam, giling
100 ml santan
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
minyak secukupnya untuk menumis
2 sing bawang putih
3 siung bawang merah
2 butir kemiri
gula dan garam secukupnya

Bahan Saus:

200 ml santan
2 sdm tepung beras
4 sdm gula pasir
1 sdt garam

Cara Membuat:

Pertama, Anda buat telur dadar: Kocok telur kemudian campurkan dengan semua bahan, jika tekstur adonan sudah cukup cair dan tidak ada yang bergerindil, siapkan teflon, buat dadar tipis untuk kulit semar mendem. Lakukan hingga habis, sisihkan. Kedua, Anda buat ketan: Tiriskan ketan yang telah direndam. Campurkan santan, garam dan daun pandan, hangatkan sambil diaduk-aduk, angkat. Campurkan santan dengan kentan, kukus selama 30 menit. Balik-balik agar lebih pulen setelah 30 menit, kukus lagi selama 10 menit.

Ketiga, untuk membuat isian, Anda tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga harum, masukkan daun salam, lengkuas dan garam. Jika bumbu sudah matang, masukkan ayam dan tumis hingga berubah warna. Tuang santan, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan cukup kering. Angkat. Setelah itu buat untuk adonan saus. Anda Campurkan semua bahan yang sudah disediakan, masak hingga matang sambil terus diaduk agar santan tidak pecah, kemudian angkat.

Langkah terakhir, ambil telur dadar sebagai kulit, isi dengan ketan dan ayam, gulung kemudian ikat dengan daun pandan yang sudah dipotong memanjang. Lakukan hingga habis. Semar mendem siap sajikan dengan siraman saus santan yang manis gurih. Meski agar ribet tapi boleh jadi sajian saat acara keluar besar atau arisan di rumah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE