oleh

5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Buah kedondong umumnya dapat Anda temukan di dalam rujak. Tekstur buah ini cukup keras, dengan rasa manis ataupun asam yang khas. Buah ini memiliki rasa manis asam, seperti perpaduan nanas dan mangga. Saat matang, warna buah akan berubah menjadi kuning keemasan. Kedondong bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar ataupun dijadikan sebagai rujak.

Selain lezat untuk disantap sebagai rujak, kedondong juga memiliki banyak nutrisi yang tersimpan di dalamnya, seperti vitamin C, A, hingga zat besi.

5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Sama seperti buah lainnya, kedondong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari laman Suara.Com, Rabu (12/8/2020), berikut ini manfaat kesehatan dari buah kedondong.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi buah kedondong. Buah kedondong memiliki kandungan zat besi, kalsium, serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Kedondong merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dikenal perannya untuk kesehatan mata. Senyawa retinol dalam vitamin A bertanggung jawab untuk fungsi ini karena meningkatkan persepsi visual mata. Vitamin A dalam kedondong mampu menyehatkan mata dan mengatasi masalah mata.

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Penyakit anemia bisa terjadi akibat kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena hemoglobin di dalam sel darah merah tidak cukup, sehingga hal ini dapat menjadikan tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab penyakit anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi buah kedondong. Pasalnya, buah kedondong mengandung zat besi yang dapat membuat kadar hemoglobin meningkat, sehingga hal ini sangat baik bagi penderita anemia.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Kedondong sangat kaya vitamin C yang bisa dirasakan dari rasa masamnya. Buah ini mengandung jumlah vitamin C yang baik yang membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Efek ini akan menyeimbangkan kadar kolesterol darah.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kontrol kadar kolesterol tubuh, kedondong juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : suara.com

Komentar