Resep Serabi Solo Gulung yang Lembut dan Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Resep Serabi Solo Gulung yang lembut dan Lezat
ilustrasi (sajiansedap.grid.id)

PortalMadura.Com – Serabi solo gulung merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Solo yang sering dicari-cari para pecinta kuliner. Namun, jika Anda sudah rindu dengan jajanan ini dan tempat tinggal Anda jauh dari Solo, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selain rasanya yang enak dan lembut, serabi solo gulung juga mudah dibuat. Anda pun bisa membuatnya dengan variasi isi yang lebih variatif dibandingkan dengan yang sering Anda beli di pasaran.

Berikut serabi solo gulung:

Bahan-bahan:

225 gram tepung beras
1/2 sendok teh ragi instan
50 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
600 ml santan, dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandan, disimpulkan
1/2 sendok teh garam
150 gram keju cheedar, untuk taburan

Bahan Isi:

4 buah nangka, dipotong kotak 1/2 cm

Bahan Areh:

100 ml santan, dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
4 lembar daun pandan

Cara membuat serabi solo gulung:

Rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan. Kemudian, tuang 150 ml rebusan santan ke campuran tepung beras, ragi instan, dan gula pasir. Uleni.

Selanjutnya, keplok adonan sambil ditambahkan sisa santan sedikit-sedikit. Keplok-keplok 20 menit setelah santan habis. Diamkan 1 jam.

Untuk bahan areh: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai kental. Sisihkan. Lalu, panaskan wajan besi. Tuang adonan, kemudian tekan bagian tengahnya dengan bagian bawah sendok sayur sambil digerakkan ke arah pinggir wajan agar adonan melebar. Biarkan berlubang. Taburkan bahan isi.

Setelah itu, tutup wajan. Biarkan sampai matang. Oleskan areh. Tutup lagi sebentar agar meresap. Angkat. Letakkan di atas daun pisang dengan bentuk bulat sesuai besar serabi solo. Letakkan keju parut di tengah. Gulung bersama daunnya, lalu lapisi dengan plastik. Serabi solo gulung siap disajikan. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.