oleh

Resep Soto Babat yang Gurih dan Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Salah satu daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia yaitu wisata kulinernya. Beragam menu khas dari seluruh daerah sangat memanjakan lidah. Seperti gudeg dari Jogja, sate dari Madura, rujak cingur dari Surabaya dan lain sebagainya.

Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan beragam jenis soto. Bahkan hampir seluruh daerah memiliki resep soto andalan. Salah satunya soto babat. Soto yang satu ini terkenal beraroma sedap dan gurih. Dengan potongan babat dan jeroan menjadikan banyak yang suka dengan menu yang satu ini

Penasaran bagaimana rasanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman idntimes.com, berikut resep soto babat yang bisa Anda pratikan di rumah.

Bahan-bahan:

500 gram babat
1 liter air, untuk kuah soto
100 gram taoge
1 buah tomat
150 ml santan kental
3 batang daun bawang
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
2 batan serai, memarkan
3 ruas lengkuas
5 buah cengkih
3 buah kapulaga
1 sdt lada bubuk
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
bawang merah secukupnya
minyak sayur secukupnya

Bumbu halus:

8 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 ruas kunyit
2 ruas jahe
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar bubuk

Cara memasak:

Bersihkan babat sebelum digunakan. Cuci dengan air mengalir hingga bersih, lalu tiriskan. Lalu siapkan panci di atas kompor dan tuang cukup banyak air ke dalamnya. Panaskan airnya sampai mendidih.

Setelah itu, rebus babat dengan selembar daun salam selama 60 menit hingga empuk dan matang. Jika sudah, segera matikan kompor dan tiriskan. Lalu potong-potong babat menjadi ukuran kecil dan sisihkan.

Tumis babat dengan bumbu halus. Kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, kemiri, dan ketumbar bubuk ke dalam food processor. Haluskan seluruh bahan tersebut sampai lembut, lalu sisihkan ke wadah sebentar.

Selanjutnya, tumis bumbu halus tersebut dengan sedikit minyak hingga harum. Kemudian tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, cengkkih, dan kapulaga. Aduk kembali hingga merata, lalu masukkan potongan babat ke dalamnya.

Tuang santan dan air ke dalam masakan. Jika potongan babat sudah terlihat hampir matang, segera tambahkan santan dan air secara bergantian ke dalam masakan. Kemudian aduk-aduk sampai berubah warna, lalu biarkan mendidih. Setelah itu, bumbui kuah soto dengan garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan gula.

Setelah itu, tambahkan pula irisan daun bawang, taoge, tomat, dan bawang merah goreng. Aduk sesekali sampai seluruh komponen soto terasa matang. Jika sudah, segera matikan kompor dan sajikan soto babat dengan nasi putih hangat atau lontong dan jeruk nipis. Selamat mencoba.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: idntimes.com

Komentar