Resep Tangsuyuk Khas Korea, Ayam Asam Manis yang Maknyus

  • Bagikan
Resep-Tangsuyuk-Khas-Korea,-Ayam-Asam-Manis-yang-Maknyus
Ilustrasi (Selerasa.com)

PortalMadura.Com – Suka nonton drakor (Drama Korea)? Jika iya, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan tangsuyuk. Karena, menu ini biasanya sering dimunculkan dalam dramanya. Umumnya, masakan ini terbuat dari daging babi, tapi tenang saja, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi, ayam atau pun jamur.

Olahan ini menggunakan saus pilihan dengan beberapa bahan yang mudah dibuatnya. Rasanya sungguh menggugah selera dan tentunya masih nikmat di lidah orang Indonesia. Bagaimana, ingin membuatnya?. Yuk langsung saja ikuti resep yang dilansir PortalMadura.Com, Selasa (26/10/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

300 gr daging dada ayam, potong-potong sepanjang jari
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bahan Tepung Pencelup

4 sdm tepung maizena
1 butir putih telur
Air secukupnya

Saus

2 sdm tepung maizena, campur dengan 50 ml air
200 ml air
Wortel mentimun dan jamur kuping secukupnya
2 buah cabai merah besar, iris serong
1/2 buah bawang bombay
1 ruas jahe, memarkan
3 sdm gula atau secukupnya
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam

Cara Membuat

Pertama, bumbui daging ayam dengan garam dan merica bubuk, diamkan selama 10 menit. Lalu, campurkan semua bahan pencelup, pastikan tidak terlalu cair. Kemudian, celupkan daging hingga terbalut sempurna, goreng satu per satu dengan minyak agar banyak.

Setelah itu, gunakan api sedang agar matangnya hingga ke dalam. Angkat dan tiriskan ketika bagian luarnya kering. Diamkan selama 3 menit, lalu goreng lagi daging lebih matang bagian dalamnya dan tepung lebih krispi. Setelah kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, potong-potong bawang bombay, wortel, mentimun dan jamur kuping. Rebus air bersama gula, garam, jahe dan kecap asin hingga larut dan mendidih.

Terakhir, masukkan semua sayur dan masak hingga empuk. Tuang cairan tepung maizena. Tes rasa, jika sudah mengental dan rasanya sudah cenderung asam manis, angkat.

Selesai, tangsuyuk sudah siap dihidangkan dan dinikmati sambil nonton drama Korea kesukaan Anda. Selamat mencoba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.