oleh

Resep Tim Ikan Kembung, Menu Makanan Sehat untuk Pasien Covid-19

PortalMadura.Com – Memilah dan memilih makanan yang tepat untuk tubuh adalah hal wajib yang perlu dilakukan setiap orang. Karena, makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh pada kesehatan. Apalagi bagi pasien Covid-19, baik yang tanpa gejala ataupun bergejala ringan, harus benar-benar memerhatikan makanannya.

Menurut Supervisor Ahli Gizi Mymeal Catering, Nurlayla S.Gz, pasien Covid-19 sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi protein dan menambah 13 persen kalori harian. Salah satunya yaitu Anda disarankan mengonsumsi ikan, di mana di dalamnya memiliki sumber protein yang cukup untuk tubuh.

Cara mengolah ikan pun tidak ribet, Anda bisa membuatnya menjadi tim atau kukus. Ada beragam jenis ikan yang dapat Anda pilih misalnya ikan kembung yang selain mengandung protein tinggi juga omega 3 nya tinggi.

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (9/7/2021) dari laman Kompas.com, dalam Buku “Hidangan Seafood Serba Tim & Kukus” oleh Mary Winata terbitan Gramedia Pustaka Utama membagikan cara membuat tim ikan kembung yang mudah dipraktikkan di rumah. Berikut ini resep lengkapnya:

Bahan

600 gram ikan kembung
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm garam
4 siung bawang putih, cincang kasar
6 ruas jahe, iris
2 batang serai bagian putih, memarkan
2 sdm cabai merah halus
2-10 buah cabai rawit, potong bulat
2 sdm asam jawa, remas dengan 100 ml air, saring
1 sdt gula pasir
Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam agar tidak bau amis. Lalu, diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap. Cuci dan tiriskan ke wadah.

Kemudian, tempatkan ikan ke dalam pinggan tahan panas. Beri bawang putih, jahe, serai, cabai merah, cabai rawit, garam, merica, air asam, dan gula.

Setelah itu, kukus ke dalam panci pengukus selama 15 menit hingga matang dan bumbu meresap. Angkat. Sajikan selagi masih hangat. Selesai, Anda sudah bisa menikmati tim ikan kembung.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar