Oksigen Konsentrator dan Alat Kesehatan dari Singapura Tiba di Indonesia Hari Ini

Avatar of PortalMadura.com
Oksigen Konsentrator dan Alat Kesehatan dari Singapura Tiba di Indonesia Hari Ini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan sambutan dalam acara melalukan peluncuran Kilau Digital Permata Flobamora di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (18/6/2021). (Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

PortalMadura.Com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sebanyak 30 unit dari Singapura akan tiba di Indonesia hari ini.

Menurut Luhut, 30 unit oksigen tersebut merupakan bagian dari 10 ribu oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura.

“Hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Luhut melalui siaran pers, Jumat (9/7/2021).

Selain itu, Indonesia juga akan membeli tujuh unit dan 36 ribu ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” ujar Luhut.

Bersamaan dengan datangnya 30 unit oksigen konsentrator tersebut, Indonesia juga menerima bantuan Singapura kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L.

Kementerian Pertahanan Singapura juga memberikan bantuan berupa alat pelindung kesehatan berupa 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, serta kelengkapan alat bedah.

Luhut mengatakan bantuan 1.000 ventilator dari Australia juga dijadwalkan hadir pada hari ini.

Sementara itu, akan ada sejumlah bantuan internasional yang akan tiba hingga minggu depan termasuk 250 ribu dosis vaksin Sinopharm dari Uni Emirat Arab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.