Ribuan Anggota PPS Pemilu 2024 di Sumenep Dilantik

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Slamet HidayatEditor: Hartono
Ribuan anggota PPS Pemilu 2024 di Sumenep dilantik
Ketua KPU Sumenep, Rahbini (kiri) melantik anggota PPS Pemilu 2024 di Gedung Adi Poday, Kecamatan Kota, Selasa (24/1). (Slamet HD/PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Ketua , Rahbini, melantik 1.002 anggota panitia pemungutan suara () untuk di wilayah tersebut, Selasa (24/1) pagi.

Sebagian anggota PPS, yakni PPS di Kecamatan/Pulau Masalembu, dilantik secara virtual atau dalam jaringan, karena tidak bisa hadir ke Gedung Adi Poday di Kecamatan Kota, yang menjadi lokasi pelantikan anggota PPS se-Sumenep.

Selain itu, ada juga salah seorang anggota PPS di kecamatan wilayah daratan, yakni Kecamatan Ambunten, yang tak bisa hadir ke pelantikan secara langsung.

“Kalau yang di Ambunten, yang bersangkutan akad nikah. Sementara yang dari Masalembu, akibat tak ada jadwal kapal,” kata Rahbini, usai pelantikan.

Ia berharap seluruh anggota PPS bekerja secara profesional dan sesuai regulasi, di antaranya menjaga integritas sebagai penyelenggara Pemilu 2024 dan tidak terpengaruh dengan kepentingan pribadi dan kelompok tertentu.

“Penyelenggara itu juga harus siap bekerja 24 jam. Makanya, tanamkan pada keluarga agar tak bertanya lagi soal dengan siapa bekerja dan jam berapa akan pulang selama masa penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujarnya, menambahkan.

PPS merupakan penyelenggara pemilu di tingkat desa/kelurahan dan jumlah anggotanya sebanyak tiga orang di masing-masing desa/kelurahan.

Sumenep terdiri atas 330 desa dan 4 kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan, dan sembilan di antaranya adalah kecamatan di wilayah kepulauan. (*)